Kardinal Gambetti OFMConv, Insinyur Teknik yang Sering Kunjungi Indonesia

0
528 views
Calon Kardinal: Pastor Gambetti OFMConv, Insinyur Teknik yang Sering Kunjungi Indonesia. (Dok. OFM Conventual Assisi)

PAUS pada tanggal 25 November 2020 WIB telah mengkomunikasikan satu Konsistori baru, nanti pada tanggal 28 November 2020.

Pengumunan keterpilihan 13 Kardinal baru Gereja Katolik Roma dikumandangkan oleh Paus Fransiskus setelah Doa Angelus pukul 12.00 waktu Italia.

Nama-nama ketiga belas calon kardinal sebagai berikut:

  1. Mgr. Mario Grech, Sekretaris Jenderal Sinode Para Uskup.
  2. Mgr. Marcello Semeraro, Prefektur Kongregasi untuk bidang Para kudus.
  3. Mgr. Antonie Kambanda, Uskup Agung Rwanda.
  4. Mgr. Wilton Gregory, Uskup Agung Washington.
  5. Mgr. Jose Fuerte Advincula, Uskup Capiz, Filipina.
  6. Mgr. Celestino Aos Braco, OFMCap. Uskup Agung Chile.
  7. Mgr. Cornelius Sim, Vikarius Apostolik Brunei.
  8. Mgr. Felipe Arizmandi Esquivel, Uskup emiritus PBB di Swiss.
  9. Mgr. Augusto Paolo Lojudice, Uskup Agung Siena-Colle Val Elsa.
  10. Mgr. Silvano M. Tomasi,Uskup Agung, Tituler di Asolo, Nuntius Apostolik.
  11. Pastor Raniero Cantamessa OFMCap,Pengkotbah Kuria Kepausan.
  12. Pastoor  Enrico Feroci, Pastor Paroki, Santa Maria Divino Amore di Leva).
  13. Pastor Mauro Gambetti, Kustos di Kustodia Sacro Convento, Basilika Santo Fransiskus Assisi.

Kenal dekat

Pastor Mauro Gambetti, Kustos Sacro Convento Asissi menjadi Kardinal.

Paus dalam vigili Minggu Adven I pernah mengumumkan akan ada 13 orang Kardinal. Tiga diantaranya dari Italia.

Mereka itu adalah Mgr. Marcello Semeraro, Prefektur Konggregasi untuk Orang Kudus yang baru; Mgr. Paulus Lojudice, mantan Uskup auksilier dan sekarang Uskup Agung Siena; dan Pastor Mauro Gambetti OFMConv.

“Kami saudara-saudara dari Basilika Santo Fransiskus, menerima komunikasi tentang terpilihnya seorang kardinal yakni Kustos Fra. Mauro Gambetti. Kami menghaturkan syukur kepada Allah Bapa yang Maha Baik, dan kepada Paus Fransiskus.”

“Berbagai perasaan muncul dalam kebahagiaan yang luar biasa dan sekaligus juga sesuatu yang kurang dari saudara kami yang begitu kami kasihi dan begitu berharga bagi persudaraan Fransiskan yang meninggalkan tugasnya sebelum waktunya.”

“Kami menemani Saudara Mauro dengan kasih persaudaraan dan doa bagi pelayanan baru bagi Gereja Universal”.

Demikian jurnalis Sacro Convento Padre Enzo Fortunato.

CV Fra. Mauro Gambetti OFMConv

Saudara Mauro Gambetti OFMConv., Kustos Sacro Convento di Asissi, lahir pada  27 Oktober 1965 di Castel San Pietro Terme (Bologna).

Setelah menyelesaikan insinyur mekanik di Universitas Bologna, pada September 1992 memulai hidup dalam Ordo OFMConv sebagai Postulan di Sacro Conventi, Assisi. 

Setelah menjalani Masa Novisiat di Biara St. Fransiskus Asissi di Osimo, pada tanggal 29 Agustus 1995 mengucapkan profesi pertama dan profesi meriah (kekal) pada tanggal 20 septerber 1998. 

Setelah menyelesaikan bakalureat teologi di Institut Telogi Asissi, beliau melanjutkan studi Licensiat Antropologi Teologi di Fakultas Teologi Italia tengah di Florence.

Beliau diitabiskan menjadi imam pada tanggal 08 Januari 2000 di Longiano (Forli-Cesena).

Di Biara Longiano, Saudara Mauro memiliki tugas sebagai animator bagi pastoral kaum muda dan panggilan bagi wilayah Emilia-Rumagna. Dari tahun2005-2009 selain sebagai penanggung jawab animasi panggilan kaum muda, beliau juga adalah Guardian  Komunitas.

Kardinal Pastor Gambetti OFMConv: sebelum jadi imam adalah seorang insinyur teknik. (Dok. OFMConv. Assisi)

Menjadi Minister Provinsial

Pada musim semi 2009  saudara-saudara dari Propinsi OFM Conv St. Antonius Padua di Bologna memilih  saudara Mauro sebagai Minister Propinsial sampai 2013.

Minister General dan Defitorium-nya mengangkat saudara Mauro menjadi Kustos General Kustodi General Sacro Convento di Basilika St. Fransiskus Asissi.

Uskup Asissi-Norcia Umbra-Gauldo Tadino Mgr. Domenico Sorrentino mengangkat Saudara Mauro sebagai Vikaris Episkopal bagi Basilika Kepausan Santo Fransiskus Asissi dan tempat-tempat kultus lain di bawah pelayanan saudara-saudara OFM Conv.

Di keuskupan ini, beliau dipilih kembali menjadi kustos General untuk periode 2017-2021.

Beliau juga dipilih menjadi ketua dari para Minister dan Kustos Propinsial dalam yurisdiksi intermediteran (Italia, Spanyol Prancis, Belgia, Portugal, Malta, Turki, Libanon).

Persaudaraan Fransiskan Konventual. (Dok. OFMConv. Assisi)

Sering kunjungi Indonesia

Sebagai Minister Propinsial Bologna, tahun 2009 -2013, beliau beberapa kali berkunjung ke persaudaraan OFMConv di Indonesia yang adalah Kustodi dari Provinsi Bologna, Italia.

Sebagaimana misi dan berkembangnya OFMConv berkat jasa dari Provinsi Santo Antonius Padua OFMConv Bologna yang mulai bermisi di Sumatera Utara, pada tahun 1968.

Para Saudara dari Bologna ini melanjutkan misi yang telah dimulai tahun 1937 dari saudara-saudara di Belanda dan Belgia.

Selamat kepada ke-13 kardinal yang baru. Selamat kepada Saudara Mauro Gambetti melayani Gereja Kudus.

Tiga Kardinal dari Fransiskan

Dari 13 Kardinal ini, ada tiga orang berasal dari Ordo Fransiskan. Dua Fransiskan Kapusin dan satu orang Fransiskan Konventual.

Dua Kardinal dari Ordo Fransiskan Kapusin OFMCap): Mgr. Celestino Aos Braco OFMCap dan Pastor Ranieoro Cantalamessa OFMCap. (Ist)

Yang Fransiskan Kapusin adalah Mgr. Celestino Aos Braco OFMCap (Uskup Agung Santiago, Chile) dan Padre Raniero Cantalamessa OFMCap (Pengkotbah Kepausan).

Sedangkan yang Fransiskan Konventual adalah Pastor Mauro Gambetti OFMConv.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here