Mencari Tuhan

0
237 views

Bacaan 1: 1Yoh 3:11-21

Injil: Yoh 1:43-51

Saat orang mengatakan dirinya beragama namun perilakunya jauh dari apa yang diharapkan Tuhan maka sejatinya ia tidak paham mengapa beragama. Dalam sebuah Homili-nya, Paus Fransiskus mengeritik para “Katolik Palsu”.

“Saya sangat Katolik, tak pernah melewatkan misa, saya menjadi bagian dari komunitas ini. Tapi, hidup saya tidak mencerminkan orang Kristen,…(tapi) saya tidak menggaji karyawan saya dengan benar, saya mengeksploitasi orang, saya melakukan hal-hal kotor dalam bisnis saya, saya mencuci uang… itulah kehidupan ganda,”

Itulah “kehidupan ganda dan katolik palsu” tegas Paus

Mereka pura-pura taat dan berlaku alim, namun hanya melakukan sedikit hal untuk menolong sesamanya.

Dalam suratnya, Rasul Yohanes juga menyindir “Kristen palsu”,

“Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya? Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.”

Seorang katolik harus hidup sesuai yang dikehendaki Yesus Kristus, yaitu saling mengasihi. Kasih terhadap saudara sebagai tanda hidup baru kristiani.

Sebagai seorang katolik, kita telah berpindah dari alam maut ke dalam hidup, yaitu karena kamu mengasihi saudaramu. Telah disucikan oleh darah penebusan Kristus yang sangat mahal. Maka jika kehidupan ganda itu masih terus berlangsung, dapat dikatakan agama sebagai upaya untuk mencari Tuhan telah gagal.

Salah satu upaya mencari dan mengenal Tuhan adalah dengan membaca Kitab Suci, seperti yang dilakukan oleh Natanel. Ungkapan “dibawah pohon Ara” adalah untuk mereka yang gemar membaca Kitab Suci (di bawah pohon Ara).

Maka meski awalnya “under estimate”, Natanael tidak kesulitan untuk mengenali Tuhan.

“Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!”

Seorang yang terus mencari Tuhan dan berusaha keras mengenal-Nya dengan membaca Kitab Suci akan mendapat janji indah dari-Nya:

“Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”

Pesan hari ini

Yesus adalah Tuhan dan menjadi jembatan antara dunia dan surga, dimana para malaikat turun naik ke atas-Nya,

Sebagai katolik, janganlah menjalani “kehidupan ganda”.

“Kemunafikan berjalan di atas dua kaki, dan menyebut dirinya manusia”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here