Mengolah Jiwa? Ya di Panti Semedi Sangkalputung

1
5,168 views

KLATEN, kota administratif di bagian selatan Jawa Tengah, tak hanya renyah dengan urusan kripik paru, belut goreng, dan ayam panggangnya. Klaten tak hanya dikenal orang lantaran potensi wisatanya yakni telaga Rowo Jombor di Desa Jimbung di ujung selatan kota yang berlokasi di antara Yogyakarta dan Surakarta ini.

Untuk urusan kegiatan rohani pun, Klaten juga menyimpan sejuta kenangan dan segumpal harapan. Tentu saja, ini kalau dikaitkan dengan keberadaan Rumah Retret Panti Semedi Sangkal Putung. Ribuan umat katolik –baik kaum awam maupun religius—tentu sudah banyak mengambil manfaat rohani atas keberadaan Panti Semedi Sangkalputung ini. Entah itu melalui retret kelompok, khalwat pribadi, pertemuaan marriage encounter, choice atau sejumlah lokakarya dan seminar rohani lainnya.

Tentu, nama “Sangkalputung” tak ada urusannya dengan “putung” alias putus, bengkok, atau cacat fisik.  Yang pasti, Sangkaputung merupakan tempat dimana kita bisa mengolah jiwa dan hidup batin kita agar semakin dekat dengan Tuhan. Menata hati dan mengolah keseharian hidup berdasarkan semangat cinta kasih menjadi urusan penting bagi Sangkalputung.

Spiritualitas awam

Sangkalputung melengkapi keberadaan Rumah Retret (RR) Girisonta di Karangjati, Ungaran Selatan, Kabupaten Semarang. Baik RR Girisonta maupun Panti Semedi Sangkalputung merupakan karya pastoral romo-romo Yesuit yang menaruh perhatian besar pada pengolahan jiwa, batin, dan tatanan hidup spiritual.

Namun, berbeda dari RR Girisonta yang selama 10 tahun terakhir ini lebih mengkhususkan pelayanan pastoral bagi para “kaum berjubah”  atau tarekat religius dalam rangka formation untuk menjadi spiritualis, maka Panti Semedi Sangkalputung lebih mengkhususkan diri pada pembinaan kaum awam.

Kaum awam, jangan alergi dulu dengan Latihan Rohani. Pengolahan batin dan jiwa menurut pedagogi Ignatian yakni Latihan Rohani sama sekali bukan monopoli hanya untuk kaum berjubah saja. Kalau sudah menyangkut urusan mengatur hidup batin mengarah pada Tuhan, maka itu menjadi urusan semua orang tanpa kecuali. Awam pun layak dan memang sangat disarankan mau menjalani khalwat pribadi mengikuti dinamika Latihan Rohani.

Panti Semedi Sangkalputung dengan para staf terdiri dari para romo Yesuit siap membantu kaum awam menjalani hari-hari khalwatnya untuk semakin bisa menemukan kehadiran Tuhan dalam segala hal.

Mencari lokasi

Panti Semedi Sangkalputung yang berada di ujung bagian timur Kota Klaten ini resmi eksis sejak tanggal 8 Desember 1963. Lokasinya persis berada di jalur jalan utama Yogya-Solo, sekitar 300 meter dari Terminal Bus Klaten.

Ancer-ancernya mudah. Kalau dari arah Yogya menuju Solo, maka posisi Sangkalputung berada di jalur kanan, kurang lebih 100 meter sebelum GOR Kota Klaten yang berada di sisi kiri. Kalau dari arah Solo menuju Yogya, kita tidak perlu mengambil outer ring road yang membawa kendaraan memutar ke kiri menghindari jalur utama yang membelah kota Klaten.

Kita ambil jalur utama menuju jantung kota Klaten.  Persis di pertigaan besar di depan Terminal Bus Klaten, kita ambil jalan lurus memasuki kota. Perlahan-lahan, kita masuk ke jalur lambat karena  300 meter ke depan di sebelah kiri akan kita temukan Panti Semedi Sangkalputung. Lokasi persisnya di Jl. Veteran No. 16 B, Kota Klaten.

Luas dan asri

Dibangun di atas lahan seluas 35.545 m2, Panti Semedi Sangkalputung sungguh ideal untuk kegiatan khalwat, baik pribadi maupun kelompok.  Untuk menunjang intensitas doa dan kegiatan khalwat lainnya, Panti Semedi Sangkalputung menyediakan fasilitas kamar pribadi berikut toilet di dalamnya, kamar-kamar retret pribadi, ruang bimbingan pribadi, ruang pertemuan ber-AC, ruang audio-visual, ruang jemuran dan cuci, ruang makan, kapel, ruang doa ber-AC, dan kantor secretariat.

Peserta khalwat yang mengalami gangguan kesehatan, jangan keburu takut ya. Di kompleks Sangkaputung ini juga ada balai kesehatan yang dikelola oleh para suster Penyelenggaraan Ilahi (PI). Begitu pula lahan parkir dan taman yang luas.

Umat katolik baik individual maupun kelompok yang ingin melakukan kegiatan khalwat secara terbimbing, silakan mengontak Panti Semedi Sangkalputung melalui email: retret_pantisemedi@yahoo.co.id

Informasi lebih mendetil bisa diakses melalui situs http://www.pantisemedi.com .

Surat menyurat bisa dilakukan dengan alamat sebagai berikut:

Sekretariat Rumah Retret Panti Semedi Sangkalputung

Jl. Veteran No. 16

Kotak Pos 151

Klaten 57401

Jawa Tengah

Photo credit: Rumah Retret Panti Semedi Sangkalputung, Klaten.

1 COMMENT

  1. Sy mengalami hal yg luarbiasa dalam 2 hari retret disini.Pilihan hidup hanya ada dua mau bahagia apa tidak.dan menjadi bahagia itu sederhana asal fokus pada jalan kebenaran yaitu Yesus sendiri. Riuh hidup menjadi tidak terasa lagi.terima kasih Rm Abdi.(2011)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here