Misdinar Paroki Wonosobo Ziarek ke Seminari Mertoyudan

0
1,536 views

MINGGU pagi 7 Oktober 2012, sementara umat merayakan ekaristi mingguan pada pukul 06.00, sekitar70-an anak putra-putri altar (PPA) Paroki Wonosobo dan kumpulan Ibu-ibu Monica berjajar antri di depan gereja menanti kedatangan bus. Kedua rombongan besar ini  akan mengadakan acara ziarek (ziarah dan rekreasi) dengan tujuan berbeda. Kelompok PPA dengan menumpang bus berjudul Dieng Indah akan bergerak menuju Seminari Mertoyudan, Candi Gereja Ganjuran dan berakhir di Pantai Parangtritis.

Sementara ibu-ibu Santa Monica (warakawuri),  katanya akan bergerak ke arah Ambarawa, berziarah ke Gua Kerep dan sekitarnya, dengan menumpang bus berjudul Barito.

Tepat pukul 06.45 bus Dieng Indah pun bergerak mengangkut rombongan PPA Wonosobo yang dikomandani oleh  Romo Philip S. Dewantoro MSC. Perhentian I di Seminari Mertoyudan. Di Kapel Besar, rombongan disambut oleh Romo Surya, romo Pamong Medan Madya dan beberapa seminaris Medan Madya yang kebetulan jaga rumah untuk menyelesaikan karya tulis.

Maklum, hari itu para seminaris yang lain sedang mengadakan live in dan homestay.

Acara di Seminari Mertoyudan berlangsung kurang lebih satu jam. Setelah diterima oleh Romo Surya, rombongan diajak jalan jalan putar-putar melihat kompleks bangunan  Seminari ditemani oleh para seminaris MM. Acara d akhiri dengan foto bersama di depan patung Petrus Canisius.

Sementara kami mau pamitan dan foto-foto, Romo Stef. Heriyanto, diosesan Purwokerto yang masih SubPamong MP itu muncul dengan senyum khasnya.

Perhentian II di Candi Ganjuran. Di Ganjuran, anak anak pun diajak untuk berdoa pribadi dan merayakan ekaristi hari minggu di Gereja HKY Hijau berbentuk joglo yang dipimpin oleh Romo Philip S. Dewantoro. Selesai misa, anak anak pun tak sabar menikmati sunset di Pantai Parangtritis.

Pukul 18.30 bus bergerak pulang menuju Wonosobo. Pukul 23.00 akhirya rombongan sampai di halaman Gereja St. Paulus Wonosobo. Sesekali ada anak nyeletuk : “Wah belum mengerjakan PR.”

Tapi meski begitu, semua terlihat gembira karena melihat pantai dan air laut (maklum sehari hari lihat gunung.)

Proficiat PPA wonosobo. Sebagai mantan anggota PPA Paroki St. Paulus Wonosobo, saya ikut mendukung program kenal Gereja ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here