Musisi Besar Italia dan Peraih Oscar Ennio Morricone Meninggal

0
103 views
Ennio Morricone by DNA India

ENNIO Morricoone adalah nama besar di panggung musik dunia. Tidak hanya di panggung pentas orchestra. Tapi juga di panggung musik pengiring film. Ia adalah seniman besar bidang musik asal Italia.

Pada hari Senin tanggal 6 Juli 2020, Ennio Morricone meninggal dunia di Roma. Dalam usia 91 tahun.

Kiprahnya dalam musik pengirim film terjadi dengan aneka jenis film. Baik action, drama, maupun horror. Sekedar menyebut sejumlah contoh hits-nya adalah Cinema Paradiso, Somewhere in Time.

Namanya sejajar dengan John Barry,Hans Zimmer.

Ennio adalah ikon penting dalam sejarah music kontemporer Italia. Ia meraih nama besar tidak hanya di Negeri Pizza, melainkan juga di Hollywood lantaran keterlibatannya mencipta lagu-lagu instrumen pengiring narasi dalam film.

Apalah artinya sebuah film bila tiada musik pengiringnya.

Obituari

Ennio lahir di Roma tahun 1928. Belajar musik, khususnya instrumen trumpet, sejak umur enam tahun dan pada umur sedini itu dia sudah berhasil menciptakan sebuah komposisi musik.

Karya musiknya mendunia, ketika dibawakan oleh penyanyi Paul Anka dari Belanda, François Hardy (Perancis), dan Demis Roussos, serta Pet Sho Boys.

Namanya meroket sejak mengisi komposisi musik untuk film Il Federale.

Berikut ini sejumlah film Hollywood tenar yang memakai karya komposisinya Kill Bill, Django Unchained, The Untouchables, The Mission, Days of Heaven, Bugsy, Inglorious Bastard, Disclosure, Once Upon Time in America, Exorcist II, In the Line of Fire, The Battle of Algiers.

Sementara film produksi Italia adalah Cinema Paradiso, Malena –sekedar menyebut beberapa nama.

Ia berhasil memenangkan dua Oscar, empat Grammy Awards, dan enam penghargaan Baftas, serta mampu menjul sedikitny 70 juta album.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here