Pasca Gempa Sulbar, Caritas Keuskupan Agung Makassar Gelar Aksi Belarasa

0
166 views
Pasca gempa mengguncang Mamuju di Sulbar tanggal 15 Januari 2021, Paroki Santa Maria Mamuju menggelar aksi kemanusiaan dengan membuka posko. Gerakan amal kemanusiaan ini didukung oleh Caritas Keuskupan Agung Makassar. (Romo Jony Payuk CICM)

“SAYA baru saja tiba di Mamuju, salah satu lokasi yang ikut terkena dampak serius gempa di Sulbar beberapa waktu lalu,” tulis Vikjen Keuskupan Agung Makassar (KAM) Romo Jony Payuk CICM memberi info ringkas kepada Sesawi.Net, Senin tanggal 25 Januari 2021 lalu.

Tak berapa lama kemudian, kata Romo Jony, pihaknya langsung menggelar pertemuan di halaman Gereja Santa Maria Paroki Mamuju.

“Kami sebentar lagi akan rapat dengan para sukarelawan,” papar imam Kongregasi CICM ini.

Sehari kemudian, Romo Vikjen KAM bersama para sukarelawan datang mengunjungi beberapa titik lokasi pengungsian untuk mengantar sejumlah paket sembako.

Dari foto yang dikirim ke Sesawi.Net, posko dapur umum tampak telah berdiri di halaman gereja paroki.

Tiga suster biarawati Kongregasi MC tampak ikut sibuk dengan kegiatan amal kemanusiaan ini.

Gempa bumi besar berukuran 7,1 pada skala Ricter telah mengguncang Sulawesi Barat pada tanggal 15 Januari jelang dinihari.

Jumlah korban tewas dalam bencana ini tercatat sebanyak 105 jiwa. Sedikitnya 92.075 orang terpaksa meninggalkan rumah mereka dan mengungsi di sejumlah titik penampungan.

Rapat koordibasi dengan relawan dan kegiatan di posko di halaman gereja Paroki Mamuju, Sulbar. (Romo Jony Payuk CICM)
Distribusi paket bantuan kemanusiaan untuk kebutuhan darurat dan mendesak di sejumlah titik pengungsian korban bencana gempa bumi di Mamuju, Sulbar. (Romo Jony Payuk)

Gerakan amal kemanusiaan KAM

Keuskupan Agung Makassar melalui lembaga amal kasihnya yakni Caritas Keuskupan Agung Makassar atau CAMAR sudah resmi merilis program donasi amal kasih untuk membantu dan meringankan para korban gempa di Sulbar.

Untuk keperluan ini, CAMAR membuka dompet aksi kemanusiaan sebagai berikut:

Sumbangan finansial bisa ditransferkan melalui rekening Caritas Keuskupan Agung Makassar berikut ini:

  • BNI Norek 03-481-34-712.
  • A.n. PGPM Keuskupan Agung Makassar.
  • Subjek: Gempa.
  • Transaksi: Imbuhkan angka 7 semisal Rp 1.000.007,00 untuk memudahkan rekap transaksi untuk keperluan misi kemanusiaan ini.
  • Sekedar imbauan: Mohon berkenan memberi konfirmasi bantuan kepada nomor kami 0812-1214-8336 demi membantu mencatatkan administrasi rekap transaksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here