Pelita Hati: 01.06.2024 – Bersoal Jawab Tentang Kuasa Yesus

0
49 views

Sahabat pelita hati,

SALAM seroja, sehat rohani-jasmani. Berkah Dalem.

Setelah Yesus dinilai telah “membuat onar” di Bait Allah dengan mengusir para pedagang dan menjungkirbalikkan meja-meja tempat berjualan, kini para imam kepala, tua-tua dan ahli Taurat bertanya kepada Yesus tentang kuasa yang diperoleh-Nya sehingga bentindak seperti itu.

Dengan kata lain, para pemimpin agama mempertanyakan otoritas Yesus sehingga merasa berhak melakukan semua tindakan itu. Pertanyaan yang diajukan itu sejatinya merupakan jebakan dan dapat digunakan sebagai alat untuk mengajukan Yesus ke pengadilan agama. Namun akal busuk para imam kepala dan ahli Taurat  sudah diketahui oleh Yesus, karenanya Dia  menanggapi pertanyaan mereka dengan cara-Nya.  Tuhan balik bertanya: “Baptisan Yohanes itu, dari sorga atau dari manusia? Berikanlah Aku jawabnya!” Namun mereka menjawab, “Kami tidak tahu.” karenanya, Yesus pun tak merasa perlu untuk menjawab pertanyaan mereka juga.

Sahabat terkasih, 

Tuhan tidak sedang berdebat kusir atau menghindar karena tak bisa menjawab pertanyaan mereka. Tuhan merasa tidak perlu untuk menjawab pertanyaan mereka.  Mengapa? Para imam kepala dan ahli Taurat sejatinya sudah sangat tahu pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan Tuhan, namun mereka seakan tidak mau tahu. Mereka bertanya bukan karena ingin tahu dan dilandasi oleh sikap percaya tetapi karena ingin mencari-cari kesalahan Yesus. 

Semoga kita pun tidak mewarisi sikap dan tabiat para ahli Taurat yang suka mencari-cari kesalahan sesama. Semoga kita sungguh menjadi pribadi-pribadi beriman yang dewasa dan bertanggungjawab. Tetap semangat dan berkah Dalem.

Indahnya danau Kalimutu,
telaga warna karya agung kuasa-Mu.
Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu?
Dan siapakah yang memberikan kuasa itu kepada-Mu?

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah DalemSt. Istata Raharjo,Pr

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

————————————————————————————

Bacaan:

Yudas 17:20b-25

Markus 11:27-33

Lalu Yesus dan murid-murid-Nya tiba pula di Yerusalem. Ketika Yesus berjalan di halaman Bait Allah, datanglah kepada-Nya imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat dan tua-tua, dan bertanya kepada-Nya: “Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dan siapakah yang memberikan kuasa itu kepada-Mu, sehingga Engkau melakukan hal-hal itu?” Jawab Yesus kepada mereka: “Aku akan mengajukan satu pertanyaan kepadamu. Berikanlah Aku jawabnya, maka Aku akan mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu. Baptisan Yohanes itu, dari sorga atau dari manusia? Berikanlah Aku jawabnya!” Mereka memperbincangkannya di antara mereka, dan berkata: “Jikalau kita katakan: Dari sorga, Ia akan berkata: Kalau begitu, mengapakah kamu tidak percaya kepadanya? Tetapi, masakan kita katakan: Dari manusia!” Sebab mereka takut kepada orang banyak, karena semua orang menganggap bahwa Yohanes betul-betul seorang nabi. Lalu mereka menjawab Yesus: “Kami tidak tahu.” Maka kata Yesus kepada mereka: “Jika demikian, Aku juga tidak mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu.”(Markus 11:27-33)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here