Pelita Hati: 16.05.2021 – Kuduskanlah Mereka dalam Kebenaran

0
516 views

Bacaan: Kis.1:15-17.20a.20c-26, 1Yoh.4:11-16, Yoh.17:11b-19

Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia; dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya mereka pun dikuduskan dalam kebenaran. (Yoh 17:11b,17-19)

Sahabat pelita hati, 

HARI ini adalah hari Komunikasi Sosial sedunia ke-55 dengan tema: “Datanglah dan Lihatlah”. Tema itu diuraikan oleh Bapa Suci Paus Fransiskus dalam  pesan tahunannya. Intinya, kita semua dipanggil menjadi saksi kebenaran yaitu untuk *pergi, melihat dan berbagi.* Kita perlu bergerak dan pergi untuk melihat sendiri setiap kisah dan mengumpulkan pelbagai pendapat atas kehidupan yang nyata. Harapannya,  pesan ini dapat menjadi inspirasi baik dalam dunia jurnalistik, media sosial, permenungan di gereja, dalam politik maupun komunikasi sosial. Fenomena ini akan menjadi wujud nyata iman kristiani diberitakan. Itulah inti pokok pesan yang disampaikan oleh Bapa Paus Fransiskus.

Sahabat terkasih,

Mari sekarang kita arahkan perhatian kita pada sabda Tuhan yang berisi tentang doa Yesus yang memohon pengudusan bagi para murid-Nya. Memang, panggilan setiap orang beriman adalah panggilan kepada kekudusan. Peziarahan hidup manusia di dunia adalah menuju kekudusan dan pengudusan kekal itu baru akan diterima setelah manusia memasuki hidup abadi. Selama hidup di kancah dunia kita harus jatuh bangun berjuang menghadapi beragam tantangan yang menguji komitmen hati dan keteguhan jiwa kita. Terkadang kita jatuh dalam ketidaksetiaan, kemalasan, kesombongan dan beragam keinginan manusiawi kita. Karenanya setiap kali dan setiap saat kita harus berani berhenti untuk berkanjang di dalam doa. Nah, Doa Yesus di hari ini menyadarkan kita bahwa kita harus berjuang terus-menerus menuju kepada kekudusan itu. 

Sahabat terkasih,

Pelita sabda hari ini juga meneguhkan tema Hari Komunikasi Sosial se-Dunia ke-55 agar kita “datang dan melihat” kasih dan kebaikan Tuhan dalam doa dan permenungan kita. Semoga kita  menjadi pribadi yang teguh berjalan di jalur dan rel kekudusan walau harus berjuang menghadapi hiruk pikuknya tantangan arus zaman. Berkah Dalem.

Saat senja di pantai Jimbaran,
indah nian pasir putihnya.
Kuduskanlah mereka dalam kebenaran,
itulah Yesus untuk kita para pengikut-Nya.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem Rm.Istata

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here