Rumah Idjo, Warisan Bangunan Kuno Arsitektur Persia di Lasem (1)

0
121 views
Rumah Idjo di Lasem, Kabupaten Rembang, Jateng. (Mathias Hariyadi)

LASEM berada di jalur Pantura wilayah Timur; di wilayah perbatasan Jateng-Jatim. Selain warisan budaya kultural China yang sangat kental, Lasem juga menyisakan banyak bangunan kuno.

Salah satunya adalah Rumah Idjo atau Rumah Hijau atau Ijo -lantaran bangunan ini bercat hijau. Lokasinya ada di kota; tepatnya di Jl. Jatirogo No.16, Pandeyan, Sumbergirang, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah 59271.

Saya mengunjungi Omah Idjo bulan November 2022 lalu. Diantar oleh tukang kebun yang bekerja di Rumah Oei yang lokasinya hanya selemparan batu saja.

Tampilan penampakan Rumah Idjo dari depan. (Mathias Hariyadi)

Karena pandemi Covid-19, praktis Rumah Idjo yang saya kunjungi tahun lalu benar-benar “sepi”. Meski secara resmi disewakan atau boleh dipakai sebagai rumah inap, Rumah Idjo di bulan November 2022 lalu terkesan sudah lama tidak “berpenghuni”.

Lantaran pandemi Covid-19, sehingga gelombang wisata ke Lasem praktis juga merosot sangat drastis. Bahkan dikesankan mungkin juga tidak ada. Kalau pun, hanya satu dua orang saja.

Berikut ini penampakan visualnya dari luar, dari dalam, ketika saya berkesempatan melihat sisi-sisi menarik yang ada “tersimpan” di dalam Rumah Idjo ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here