Teologi, IKAFITE, Konsili Vatikan II: Lokakarya Menulis, Gunakan HP Produksi Berita Positif (3)

0
226 views

TANGGAL 15 Oktober 2022 mendatang, Gereja Katolik Semesta akan merayakan 60 tahun Konsili Vatikan II.

DI Indonesia, sesuai anjuran Bapak Ignatius Kardinal Suharyo, ada baiknya gema besar atas hasil konkret semangat aggiornamento dirayakan. Diperingati dengan tidak fokus lagi pada dokumen-dokumen Konsili Vatikan II.

Melainkan lebih melihat pada praksis hidup menggereja, beriman, dan bermasyarakat yang dipraktikkan oleh umat Katolik Indonesia.

Amanah tersebut direspon oleh IKAFITE – forum Ikatan Alumni Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Dengan menggelar Perayaan Ekaristi Syukur atas anugerah pembaharuan Gereja Katolik selama 60 tahun terakhir. Dan itu terjadi berkat terselenggaranya Konsili Vatikan II (1962-1965).

Selain Perayaan Ekaristi di Kapel Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan, IKAFITE juga akan menggelar sarasehan bertema praksis hidup beriman dan bermasyarakat sesuai semangat Konsili Vatikan II.

Kedua gelaran acara tersebut akan berlangsung secara hybrid. Para tamu undangan dipersilahkan hadir ke kedua acara tersebut.

Selebihnya, mereka yang berminat mengikutinya dapat mengakses tayangan live streaming melalui saluran YouTube Komisi Komsos Keuskupan Agung Semarang (UPPK-KAS) dan Hidup TV.

Lokakarya menulis dan manfaatkan HP untuk produksi berita

IKAFITE bersama mitranya Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma, Majalah Hidup, Hidup TV, Sesawi.Net dan Titch TV akan menggelar lokakarya menulis dan menggunakan HP untuk produksi berita audio-visual bernuansa positif.

Program ini dimaknai sebagai wujud bakti alumni melalui IKAFITE kepada alma mater.

Sementara, Fakultas Teologi Kepausan Wedabhakti dan Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma bisa memaknai gelaran lokakarya itu sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat.

Catat waktu dan tanggalnya

  • Kamis-Jumat, 13-14 Oktober 2022.
  • Pukul 08.00-20.00 WIB.
  • Peserta: Khusus untuk para penggiat komsos paroki-paroki DIY, kaum rohaniwan-rohaniwati, dan mahasiswa baru FTW USD.
  • Untuk mendukung lingkungan bersih, diharap masing-masing peserta membawa botol minuman sendiri.
  • Jangan lupa bawa alat kerja: laptop, kamera, dan HP.
  • Panitia akan sediakan makan-minum selama pelatihan.
  • Program lokakarya ini diadakan secara luring.

Pendaftaran ditutup tanggal 10 Oktober 2022 pukul 24.00 WIB

Silakan mendaftar dengan cara:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here