Tuhan Ingin agar Saya Selamat

0
338 views
Ilustrasi -- Malaikat pelindung menjaga hidup kita. (ist)

Bacaan 1 Kel 23:20 – 23a
Injil Mat 18:1 – 5. 10

KETIKA baru lulus kuliah S-1, tak menunggu lama saya mendapatkan pekerjaan di Soroako, Sulawesi Selatan.

Itu adalah perjalananku pertama kali menyeberang pulau. Ada rasa was-was tentu saja, karena tidak ada yang kukenal disana. Orangtua juga meminta saya membatalkan dan agar membantu orangtua saja di rumah.

Namun saya tetap bertekad pergi dan percaya bahwa Tuhan akan melindungiku.

Mendarat di Makassar, saya tidak tahu harus bertemu dengan siapa dan di mana. Dari pagi hingga siang saya hanya duduk dan jalan mondar-mandir tidak tahu harus apa dan berniat pulang ke Jawa.

Hingga akhirnya seseorang menegurku, “Mas Ricko ya?”

Saya kaget. Dari pembicaraan selanjutnya saya mengetahui bahwa dia diperintahkan menjemput saya. Doaku terkabul dan akhirnya aku tiba di Soroako, hutan pelosok yang jaraknya masih 600-an km dari Makassar.

Dalam bacan hari ini, Allah mengutus malaikat-Nya untuk mendampingi, melindungi dan menjaga bangsa Israel keluar dari Mesir menuju Tanah Terjanji.

Tidak bisa dibayangkan, mengarungi gurun padang pasir dan harus menyeberang lautan tanpa penunjuk arah berjalan dari Mesir ke Tanah Terjanji.

Namun Allah telah memikirkan semuanya, seorang malaikat akan berjalan di depan menunjukkan arah sehingga mereka sampai ke tempat tujuan.

Mereka diminta untuk menghormati malaikat pelindung, sopan, mendengarkan kata-katanya, tidak mendurhakai dan jika melanggar tidak akan diampuni sebab ada nama Allah dalam malaikat-Nya.

Jika mereka mau mendengarkannya maka Allah sendiri yang akan menggempur semua musuh mereka.

Demikian juga dalam injil, Tuhan Yesus meminta agar tidak menganggap remeh seorang anak kecil. Namun kita diminta untuk selalu melindunginya, mendekap, dan menyambutnya dengan hangat.

Dengan demikian, kita sama saja telah menyambut-Nya. Sebab anak kecil memiliki malaikat yang selalu menjaganya dan senantiasa memandang wajah Bapa di surga.

“Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka (anak-anak) di surga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di surga.” demikian sabda Tuhan.

Pesan hari ini

Setiap orang Kristen memiliki seorang malaikat pelindung yang selalu menjaga, membimbing dan menghantarkan perjalanan hidup kita kepada Allah Bapa di surga.

Seorang Kristen juga memiliki Roh Kudus yang senantiasa menghibur dan Santo-Santa yang senantiasa mendoakan kepada Allah Bapa. Jaga hubungan baik dengan mereka lewat doa dan belajar mendengarkan bisikannya.

“Terkadang kita diuji bukan untuk menunjukkan kelemahan kita, tetapi untuk menemukan kekuatan kita. Pakailah maskermu dan tetap jaga jarakmu.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here