Tuhan Piara Hidupku Selamanya

0
292 views
Tuhan piara hidupku selamanya

Bacaan 1: 2Mak 12:43-46

Bacaan 2: 1Kor 15:20-24a. 25-28

Injil: Yoh 6:37-40

Sungguh beruntung sejak kecil aku dididik oleh orangtuaku sebagai katolik dan mengenal Yesus.

Namun pertanyaannya, apa untungnya?

Apa daya tarik yang dimiliki dan dilakukan oleh Yesus sehingga saya merasa beruntung sebagai katolik?

Ketika Yesus hidup di bumi ini, Dia mengundang orang-orang untuk datang kepada-Nya, dan Dia masih melakukannya hingga hari ini (Yoh. 6:35).

Keselamatan, Tuhan Yesus adalah satu-satunya jalan untuk memperoleh pengampunan atas dosa dan surga yang dijanjikan. “Setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal” (Yoh. 3:15).

“Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang.

Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman.”

Karena dosa asal maka setiap orang akan mati, sebab upah dosa adalah maut.

Namun oleh kedatangan Kristus, setiap orang berdosa telah Ia tebus lewat kematian-Nya dan setiap orang dalam persekutuan dengan-Nya akan dibangkitkan.

“Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia, demikian juga kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia.

Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus.”

Demikian peneguhan Rasul Paulus kepada jemaat Korintus dalam pengajarannya tentang “Kebangkitan Badan”, yang juga kita imani sebagai katolik.

Setiap orang punya kesempatan untuk mendapat kasih karunia kebangkitan dan hidup kekal. Namun orang yang sudah mati tidak bisa berdoa lagi untuk keselamatannya sendiri maka orang yang masih hiduplah, bertugas mendoakannya.

Gereja Katolik memberikan fasilitas mendoakan arwah orang yang meninggal dalam iman Kristus, setiap tanggal 02 November. Tradisi yang sangat alkitabiah ini diambil dari teladan yang dilakukan oleh Yudas Makabe.

Ia mendoakan penghapusan dosa bagi para prajuritnya yang gugur dengan mengenakan jimat yang sangat dilarang bagi Yahudi, sebab ia percaya akan kebangkitan orang mati.

Pesan hari ini

Setiap orang yang percaya pada Tuhan Yesus akan dibangkitkan, Dia piara hidupku selamanya dan takkan dibiarkan hilang hingga masuk dalam kehidupan kekal.

Meski sudah mati, Gereja tetap mendoakan penghapusan dosaku. Itulah keuntungan menjadi katolik.

“Berdoa dan berkorban adalah kekuatan yang sesungguhnya dalam sejarah hidup manusia.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here