30 Mei 2019: Romo Edi Mulyono SJ Resmi Jabat Vikep Kategorial KAJ

0
563 views
Serah terima tugas dan jabatan Vikep Kategorial KAJ dari Romo Andang Listya Binawan SJ kepada penggantinya Romo Edi Mulyono SJ. (Ist)

KAPEL Panti Asuhan Vincentius Putera di Jl. Kramat Raya, Jakarta Pusat, di petang hari di akhir bulan Mei 2019 lalu. Pada sore hari yang cerah di hari Kamis, 30 Mei 2019, telah berama-ramai berdatangan para sahabat dari berbagai komunitas menuju Kapel Panti Asuhan Vincentius Putra.

Para sahabat itu secara gugus dibagi oleh panitia menjadi beberapa kategori yang diberi label nama sebagai berikut:

  • Gugus Orang Muda.
  • Gugus Spiritual.
  • Gugus Profesi.
  • Gugus Kemasyarakatan.
  • Gugus Keluarga.
  • Gugus Sosial dan Kesehatan.
Uskup KAJ Mgr. Ignatius Suharyo memimpin seremoni acara serah terima tugas dan tanggungjawab sebagai Vikep Kategorial KAJ dari Romo Andang Listya Binawan SJ kepada penggantinya Romo Edi Mulyono SJ.
Atas: Vikep Kategorial KAJ yang baru; Bawah: pejabat sebelumnya.

Mereka itu semua datang untuk menghadiri Perayaan Ekaristi dengan ujud khusus serah terima tugas dan jabatan serta tanggungjawab sebagai Vikaris Episkopalis dari Romo Andang Binawan SJ kepada penggantinya yakni Romo Edi Mulyono SJ, sebelumnya Rektor Kolese St. Stanislaus Girisonta di Ungaran, Jateng.

Perayaan Ekaristi dipersembahkan oleh Uskup Keuskupan Agung Jakarta Mgr. Ignatius Suharyo sebagai selebran bersama dua konselebran mantan Vikep KAJ Romo Andang Binawan SJ dan penggantinya Romo Edi Mulyono SJ.

Mengenang eloknya Kisah Para Rasul

Mengangkat cerita Kisah Para Rasul, Mgr. Ignatius Suharyo menyampaikan bahwa angka 12 yang menjadi jumlah para rasul adalah tanda kekuatan.

Monsinyur menyukai Kisah Para Rasul, karena kisah itu menceritakan Gereja Perdana, suka dan dukanya, kemenangan dan kesusahannya, karya dan tugas “pekerjaan” Para Rasul usai Kebangkitan Tuhan.

Sejumlah penggiat gugus.
Perayaan Ekaristi Tripria dan sesudahnya.

Penugasan Romo Andang Binawan SJ selama 12 tahun menjadi Vikaris Episkopalis diibaratkan sebagai pasal ke-29 Kisah Para Rasul.

Sementara, penugasan yang akan diemban oleh Romo Edi Mulyono SJ itu bisa menjadi pasal-pasal selanjutnya.

Tak lupa, Mgr. Ignatius berpesan di akhir homilinya, agar selanjutnya umat dapat membaca sendiri Kisah Para Rasul itu.

Di akhir Perayaan Ekaristi, seremoni serah terima tugas dilakukan secara simbolis di hadapan seluruh umat yang hadir dan disaksikan oleh Mgr. Ignatius Suharyo.

Usai mengikuti Perayaan Ekaristi yang kental dengan suasana kekeluargaan yang penuh kehangatan, umat diundang untuk bersama menuju ke Aula Vincentius Putera guna ramah tamah.

Kejutan. Sebuah tart kecil telah disiapkan oleh panitia untuk merayakan syukur atas ulang tahun Romo Andang Binawan SJ.

Vikep Kategorial KAJ yang baru (kanan), Vikep Kategorial sebelumnya (tengah) dan Uskup KAJ.

Setelah tiup lilin, umat dipersilahkan mencicipi hidangan sederhana yang disiapkan dengan cinta dan bersama-sama.

Selamat dan semangat bertugas di tempat baru, kedua gembala yang kami hormati dan kasihi.

Terima kasih untuk teladan yang telah diberikan. Mari terus bergerak bersama, mengukir kisah berikutnya sebagaimana tersaji melalui pasal-pasal Kisah Para Rasul selanjutnya.

Kredit foto: Andy & Erna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here