Dubes Vatikan: Kerukunan Umat Agama di NTT OK!

0
2,143 views

Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Antonio Guido Filipazzi mengaku sangat salut, bangga dan mengagumi kerukunan umat beragama yang terjalin erat di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dubes Vatikan juga berpesan agar suasana kondusif dan aman antarumat beragama di daerah itu harus tetap dijaga dan dipupuk dalam sebuah kebersamaan, kata Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya, di Kupang, Kamis.

“Pak Dubes sangat mengagumi kerukunan umat beragama di NTT dan juga berpesan supaya suasana yang sudah terjalin ini terus dijaga,” kata Lebu Raya ketika menyampaikan hasil pertemuannya dengan Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Antonio Guido Filipazzi di Kupang seperti dikutip dari Antara.

Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Antonio Guido Filipazi berada di Kupang dalam rangka pentahbiskan 24 diakon menjadi imam Katolik di wilayah Keuskupan Agung Kupang pada Rabu (14/9).

Gubernur NTT Frans Lebu Raya menjelaskan kehidupan antarumat beragama di NTT masih sangat baik.

Umat selalu saling menghormati dan menghargai. Mereka juga saling bahu membahu untuk menjaga keamanan terutama pada hari raya-hari raya keagamaan.

Pada hari Raya Natal bagi umat Kristen misalnya, para pemuda mesjid dikerahkan untuk menjaga keamanan di tempat-tempat ibadah.

Sebaliknya, pada hari raya Lebaran, umat Kristen berperan menjaga keamanan selama hari raya untuk menghindari kemungkinan adanya gangguan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, kata Lebu Raya.

Hal lain yang membuat jalinan persaudaraan antarumat beragama di NTT begitu dekat adalah karena pada hari raya keagamaan, para tokoh agama selalu mengambil peran dengan melakukan ibadah bersama, katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here