Ibukota RI di Kaltim dan Paroki St. Maria de Fatima Penajam di Keuskupan Agung Samarinda

1
455 views
Gereja St. Maria de Fatima di Penajam, Kaltim. (Ist)

GEREJA Santa Maria dari Fatima Paroki Penajam merupakan pusat Umat Katolik Paroki Penajam,Keuskupan Agung Samarinda.

Paroki Penajam ini berpusat di Kelurahan Gunung Seteleng, Kecamatan Penajam, Penajam Paser Utara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kaltim.

Sebelum resmi menjadi paroki mandiri pada tahun 2000, wilayah yang kini telah menjadi paroki mandiri ini dilayani oleh para imam Kongregasi Imam Oblat Maria Imakulata (OMI) di Paroki Dahor Balikpapan.

Wilayah Paroki Penajam saat ini mencakup semua empat kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara yaitu: Babulu Darat, Waru, Penajam, dan Sepaku.

Paroki Penajam dan juga Paroki Dahor merupakan dua paroki di Keuskupan Agung Samarinda yang diampu oleh para pastor OMI.

Kedua paroki sama-sama termasuk wilayah reksa pastoral Kevikepan Mahakam Pantai. (Berlanjut)

1 COMMENT

  1. Sebagai salah satu umat katolik saya bersyukur Penajam sebagai calon ibu kota nkri. Penajam yang relatif tenang dan damai tentu mempunyai keunggulan yang jauh lebih baik dari jakarta, dengan kepadatan penduduk jauh lebih kecil drpd jakarta, jauh dari riuh rendah nyinyiran, ujaran kebencian dan hoaks, merupakan syarat yg baik bagi pemerintah pusat untuk lebih tenang bekerja sehingga fokus program lebih bisa diselesaikan.
    Tetapi penajam harus cukup waspada adanya kiriman penyusup yang menggoyang ketentreman dan kedamaiab, teristimewa bagi keuskupan agung samarinda dan gereja st. Maria de Fatima di Penajam. Bapa Uskup dan Pastor Paroki harus kuat dan tegas tetapi penuh kelembutan dalam menyuarakan ketenteraman, kesejahteraan dan kedamaian masyarakat ibu kota baru. Bapa Uskup dan pastor paroki harud berani. Keluar dari zona nyaman dan komitmen untuk menjadi saksi Kristus dalam menjaga umatnya dan terlebih masyarakat di kaltim, ini sangat penting supaya jangan sprt ibukota lama yang sudah penuh dengan kekotoran untuk hidup saling berdampingan. Gereja yang kuat dan lembut di keuskupan samarinda tentu mewarnai lebih indahnya negera indonesia. Berkah Dalem.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here