Renungan Harian Senin 2 Des 2019: Keselamatan untuk Segala Bangsa

0
106 views
Ilustrasi (Ist)

Senin Adven I – Mat. 8:5-11

TAHUN baru liturgi diawali dengan Masa Adven. Di tahun liturgi A ini, bacaan Injil banyak diambil dari Injil St. Matius.

Kita tahu Matius menulis injil untuk kalangan orang Yahudi Kristen. Maka tidak mengherankan kalau dalam bacaan Injil Matius, ada begitu banyak ayat-ayat referensi yang diambil dari Kitab Suci Perjanjian Lama.

Di sisi lain, Penginjil juga mau menyampaikan pesan bahwa kedatangan Yesus untuk menyelamatkan; bukan hanya untuk orang-orang Yahudi saja, tetapi juga untuk seluruh umat manusia yang ada di dunia ini. Karya penebusan atau keselamatan untuk seluruh umat manusia terlukis jelas dalam bacaan injil pada hari ini.

Seorang perwira Romawi meminta kepada Yesus supaya Ia menyembuhkan hambanya yang berbaring di rumah karena sakit lumpuh dan menderita. Mendengar permohonan seorang perwira Romawi yang baik hati itu Yesus tergerak hatinya untuk datang ke rumahnya dan menyembuhkannya.

Tetapi perwira itu sungguh rendah hati. Ia merasa tidak layak untuk menerima Yesus di rumahnya. Perwira ini yakin dengan sepatah kata saja Yesus mampu menyembuhkan hamba perwira ini.

Buah dari iman dan keyakinannya kepada Yesus menjadikan si perwira ini dipuji oleh Yesus. Ia dipuji karena mempunyai iman.

Buah iman ini pula yang menjadikan hambanya menjadi sembuh.

Di mata orang Yahudi, perwira Romawi ini adalah orang asing. Namun demikian Yesus tetap mengabulkan apa yang menjadi permohonannya. Bahkan Yesus bersabda, ‘Banyak orang akan datang dari timur dan barat dan duduk makan bersama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam kerajaan sorga.’

Artinya seluruh umat manusia sampai ujung bumi akan diselamatkan.

Seluruh umat manusia, itu artinya kita juga ada di dalamnya yang diselamatkan.

Maka kita diajak untuk mensyukuri atas karya penyelamatan Tuhan yang ditawarkan kepada kita. Dari pihak kita, kita diajak untuk menanggapinya.

Semoga masa adven adalah masa bagi kita untuk membuka hati dan budi untuk menanggapi dengan penuh suka cita tawaran keselamatan Tuhan.

Tuhan memberkati anda dan seluruh keluarga.@diopr

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here