Sabda Hidup: Jumat, 25 Desember 2015

0
1,217 views

HARI RAYA NATAL

warna liturgi Putih

Bacaan

Malam: Yes. 9:1-6; Mzm. 96:1-2a,2b-3,11-12,13; Tit. 2:11-14; Luk. 2:1-14 Fajar: Yes. 62:11-12; Mzm. 97:1,6,11-12; Tit. 3:4-7; Luk. 2:15-20 Siang: Yes. 52:7-10; Mzm. 98:1,2-3ab,3cd-4,5-6; Ibr. 1:1-6; Yoh. 1:1-18 (Yoh. 1:1-5,9-14). BcO Yes. 11:1-10

Bacaan Injil: Luk. 2:1-14

1 Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftarkan semua orang di seluruh dunia. 2 Inilah pendaftaran yang pertama kali diadakan sewaktu Kirenius menjadi wali negeri di Siria. 3 Maka pergilah semua orang mendaftarkan diri, masing-masing di kotanya sendiri. 4 Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem,  karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud 5 supaya didaftarkan bersama-sama dengan Maria, tunangannya, yang sedang mengandung. 6 Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, 7 dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan. 8 Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. 9 Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan. 10 Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: 11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. 12 Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan.” 13 Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, katanya: 14 “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.”

Renungan:

“Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud” (Luk 2:11). SELAMAT. Hari ini telah lahir Sang Juruselamat. Ia hadir ke dunia karena cintaNya kepada umat manusia. Ia lahir untuk melahirkan kehidupan baru umat manusia sebagai keluarga Allah. Selamat Natal.

KWI dan PGI menyampaikan pesan natal dengan tema “Hidup Bersama sebagai Keluarga Allah”. Kita adalah bagian dari suatu keluarga. Keluarga kita adalah bagian dari keluarga umat manusia. Maka kita pun hadir ke dunia ini sebagai bagian dari keseluruhan dari keluarga Allah tersebut. Dengan kelahiranNya kristus membawa kita pada ikatan yang makin erat dalam kesatuan keluarga Allah.

Maka rasanya di Natal kali ini kita layak merenungkan kembali kesatuan kita sebagai keluarga Allah. Kita pantas menjadi duta-duta Allah untuk mengutuhkan kembali keluargaNya. Ikatan kasih dengan sesama dan seluruh ciptaan menjadi jalan untuk kembali dalam kesatuan keluargaNya. Mari kita sumbangkan peran kita untuk menghidupi keluarga Allah.

Kontemplasi:

Pejamkan matamu. Rasakan cinta Tuhan dalam kehadiran Kristus. Natal. Bagikan damai kasih Natal kepada mereka yang hadir dalam kontemplasimu.

Refleksi:

Bagaimana hidup bersama sebagai keluarga Allah?

Doa:

Puji syukur dan terima kasih atas kehadiranMu Tuhan. Engkau hadir dalam diri PuteraMu Yesus Kristus. Semoga kehadiranMu semakin mempererat kasih kami sebagai keluargaMu. Amin.

Perutusan:

Aku akan menjadi duta kesatuan keluarga Allah. Selamat Natal. -nasp-

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here