Seri Pastoral OMK: Si Pedagang Tawarkan Alternatif dan Penyegaran (8)

0
142 views
Ilustrasi: Berjualan. (Ist)

Model berikutnya adalah pedagang.

Pedagang sangat tahu kebutuhan para konsumen oleh karenanya yang dijual bukan sembarangan produk. Produknya ditawarkan secara menarik agar dagangannya laku dan terjual habis. Ia pandai mempromosikan atau meyakinkan para konsumen bahwa produknya itu berguna dan cocok untuk para pembelinya.

Tentu pedagang ini hanya merupakan analog bagi para pembina.

Pembina bukan bermaksud untuk mengambil keuntungan dari dagangannya. Yang ditekankan ialah bagaimana sang pembina mengenal kebutuhan OMK lalu ia memberikan pembinaan alternatif guna memperkaya kehidupan  iman orang muda.

Model pedagang ini tepat bila diterapkan untuk kelompok atau komunitas OMK yang telah stabil. OMK telah memiliki struktur yang mapan.  Komunitas ini telah memiliki keteraturan dalam bersekutu. Program-program berjalan sebagaimana diharapkan.  Regenerasi juga berjalan. Dengan lain kata, OMK telah mantap.

Tugas pokok

Dalam konteks komunitas yang demikian tugas pendamping atau pembina OMK lebih untuk menstimulus atau merangsang komunitas, khususnya para pengurus dengan suatu aktivitas yang menarik agar terjadi refreshment atau penyegaran.

Seri Pastoral OMK: Ahli Bangunan, Menyiapkan Pondasi OMK (7)

Terkadang pula ia dapat menawarkan program kejutan untuk melepaskan OMK dari rutinitas. Hal ini penting agar OMK tidak larut dalam situasi yang monoton. OMK perlu diajak keluar dari kotak agar mendapat ilham atau inspirasi dalam mengelola komunitasnya.

Untuk itu, dalam suatu waktu tertentu pembina sebagai pedagang menawarkan aneka pilihan kegiatan, program yang keren dan individu tertentu yang dapat memotivasi OMK.

Catatan untuk pembina

  1. Berhati-hati terhadap kecenderungan kegiatan heboh tetapi sepi makna. Terkadang karena berorientasi aktivitas yang menarik maka banyak melepaskan sisi-sisi edukatif dalam proses pembinaan.
  2. Pembina tekun mengamati isu-isu aktual yang dapat diangkat bagi OMK
  3. Pembina berani menjadi kolektor (pengumpul aneka bahan tentang OMK). Ia bak perpustakaan yang menyimpan aneka buku.
  4. Pembina mampu meyakinkan betapa tawarannya itu memang penting dan berguna bagi OMK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here