Jesuit Masuk Kalimantan di Singkawang, Ketapang, dan Banjarmasin

0
4,386 views

BEBERAPA bulan telah berselang. Tiga imam Jesuit sekarang ini sudah resmi melaksanakan tugas pengutusan baru di Kalimantan.

Romo Sarjumunarsa SJ yang lama berkecimpung di bidang formatio kini berkarya di Seminari Menengah Nyarumkop milik Keuskupan Agung Pontianak di Singkawang, Kalbar.

Romo Sarjumunarsa SJ antara lain pernah berkarya sebagai Pamong Medan Pratama di Seminari Menengah Mertoyudan sampai tahun 1977. Lalu, ia mengampu pengutusan baru sebagai tenaga pengajar kateketik di STKat Pradnyawidya di Kotabaru selama puluhan tahun.

Di Jakarta, Romo Sarjumunarsa SJ berkarya di STF Driyarkara sebagai tenaga dosen dan beberapa tahu kemudian berkarya Kolese Gonzaga Seminari KAJ Wacana Bhakti di Pejaten Barat, Pasar Minggu sebagai Rektor.

Bukan hal baru di Nyarumkop

Sejarah kerasulan SJ di Nyarumkop sebenarnya sudah pernah ditoreh beberapa tahun silam. Romo N. Hariyanto SJ misalnya pada tahunn 1980-an mengakhiri tugasnya sebagai frater menjalani Tahun Orientasi Kerasulan (TOK) di Seminari Nyarumkop.

Namun, sejak itu tugas pengutusan SJ di Nyarumkop praktis berakhir. Pun pula, beberapa tahun kemudian, tugas para frater Jesuit yang menjalani tugas TOK di Maluku Tenggara antara lain di Saumlaki dan Langgur juga berakhir.

Romo G. Budi Subanar SJ pernah mengampu tugas kerasulan sebagai frater TOK-er di Maluku Tenggara.

Masuk Ketapang dan Banjarmasin

Romo Mardisantosa SJ, sarjana matematika, kini mulai berkarya di Keuskupan Ketapang, Kalbar, dan akan mengampu karya tata kelola pendidikan di wilayah keuskupan yang luasnya lebih besar dibanding Provinsi Jateng ini.

Sebelumya, Romo Mardi SJ pernah berkarya di Nabire, Papua, dan kemudian menjadi pastor paroki di Gereja St. Antonius Paroki Purbayan di Solo, Jateng.

Romo Suharyoso SJ yang lama berkarya di Nabire, Papua, juga telah mendapat tugas pengutusan baru untuk mengelola karya pastoral di Keuskupan Banjarmasin.

Dengan demikian, resmi sudah tiga orang imam Jesuit masuk ke Kalimantan tepatnya di Kalbar (Singkawang dan Ketapang) dan Kalsel (Kota Banjarmasin).

Mutasi personil SJ

Beberapa Jesuit lainnya, baik imam maupun Frater Skolastik SJ, juga mengalami mutasi tugas kerasulan dan pengutusan.

Infomasi itu bisa diakses melalui tautan ini: https://jesuits.id/berita-mutasi-anggota-sj/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here