Markus Budiraharjo, Dosen Universitas Sanata Dharma Lulusan AS Jabat Ketua Ikatan Alumni Seminari Mertoyudan (IASM)

0
831 views
Serah terima tugas dan tanggungjawab Ketua Ikatan Alumni Seminari Mertoyudan (IASM) dari pejabat lama Fredericus Dwiantoro kepada penerusnya Markus Budiraharjo (kanan) usai pelantikannya di Kapel Besar Seminari Mertoyudan, Minggu (4/9/2022) oleh Rektor Seminari Mertoyudan Romo Budi Gomulia SJ dan dihadiri perwakilan AAJI, alumni Kolese de Britto, Mikael Solo, dan lainnya. (IASM)

INI adalah sambutan Markus Budiraharjo yang secara resmi menjabat Ketua Ikatan Alumni Seminari Mertoyudan (IASM) masa bakti periode tahun 2022-2025.

——————

Yang saya hormati:

  • Romo Budiarto Go Mulia SJ selaku Rektor Seminari Menengah Mertoyudan;
  • Romo Mario Lagor SJ, selaku Direktur Seminari Menengah Mertoyudan;
  • Romo Pujaharsana SJ selaku Minister Seminari Menengah Mertoyudan;
  • Br. Norbet SJ selaku ekonom Seminari Mertoyudan;
  • Para Romo serta Frater Pamong di lingkungan Seminari Menengah Mertoyudan.

Yang saya hormati Saudara Fredericus Dwiantoro, Ketua IASM periode 2016-2022, beserta seluruh jajaran pengurusnya.

Yang saya hormati Saudara Rogatianus Maryatmo, selaku Ketua pertama IASM periode sebelumnya.

Yang saya hormati:

  • Perwakilan AAJI (Asosiasi Alumni Jesuit Indonesia) Mas Roy, alumnus Kolese Loyola Semarang.
  • Mas Widi Anjas Susanto, perwakilan alumni Kolese de Britto;
  • Mas Antonius Agung dari alumni Mikael Surakarta.
  • Bapak Tarsisius Sarkim dari IKASADHA;
  • dan segenap teman-teman lainnya dari perkumpulan alumni didikan kolese-kolese Jesuit di Indonesia.

Yang saya banggakan keluarga besar IASM. Secara khusus, untuk Angkatan KPP-90 yang telah menjadi teman seperjalanan dalam suka dan duka; dari tahun 1990, selama kurun waktu 32 tahun lalu.

Ketua Ikatan Alumni Seminari Mertoyudan (IASM) periode 2022-2025: Markus Budiraharjo. (USD)

Tiga hal pokok

Izinkanlah saya menyampaikan tiga hal pokok.

Pertama-tama, saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pengurus IASM pada periode-periode sebelumnya.

IASM menemukan bentuk sampai hari ini tentu atas kerja keras dari kepemimpinan Saudara Rogatianus Maryatmo, yang dilanjutkan oleh kepemimpinan Saudara Fredericus Dwiantoro.

Kita mewarisi sejumlah hal baik.

Ada kegiatan reuni tahunan bertitel Alumni Tilik Merto; landasan paseduluran di berbagai regio di Indonesia; komunitas lurah-lurah angkatan; dana abadi; dan tentu saja relasi yang sangat baik dengan alma mater kita tercinta.

Kedua, saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para alumni senior, baik yang melanjutkan karya pengutusan sebagai imam, maupun yang menjalani panggilan sebagai awam.

Ada banyak keteladanan yang telah ditunjukkan. Dari yang secara reguler dijalankan, seperti Cripingan di Jakarta dan sekitarnya yang dimotori oleh Mas Basuki Ismael, Mas Wiryawan, dan teman-teman senior lainnya, maupun berbagai kegiatan kecil lain yang tidak selalu tercatat dan terpublikasi.

Selama ini, kesempatan untuk lebih mengenal para alumni senior masih terbatas. Semoga di hari-hari mendatang, saya boleh menyambangi, mendengarkan kisah-kisah perjalanan dan perjuangan para rekan alumni senior.

Ketiga, saya memberikan apresiasi pada teman-teman yunior yang selama ini telah menunjukkan kemauan untuk berbagi. Aktif untuk terlibat.

Menyapa rekan-rekan yang lain. Ngopeni. Peduli. Semoga tetap memiliki stamina untuk berbuat hal yang lebih besar; bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri semata.

IASM sebagai pelayanan

Sebagai penutup, terimakasih atas amanah, kepercayaan, dan keyakinan yang telah diberikan kepada saya untuk menjadi Ketua IASM 2022-2025.

Bagi saya, ini adalah kesempatan untuk berbagi berkah. Tahun 1990, 32 tahun yang lalu, saat pertama kali saya menginjakkan kaki di Seminari Menengah Mertoyudan ini, saya adalah sesosok anak desa, dari Perbukitan Menoreh.

Penuh rasa minder. Tidak yakin dengan diri sendiri. Penuh rasa takut dan rasa khawatir. Empat tahun saya dibentuk ulang di sini, dan diri saya menjadi pribadi yang lebih tangguh, lebih ulet, lebih lentur, lebih terbuka, siap untuk belajar sepanjang hayat, dan selalu haus akan kesempatan untuk belajar.

32 tahun kemudian dan pada hari ini, saya boleh berdiri di sini dengan posisi yang berbeda. Saya tentu telah memiliki bekal yang jauh lebih banyak.

Namun yang lebih mendasar adalah: saya di sini hendak belajar belajar lebih banyak melalui pelayanan sebagai Ketua IASM 2022 – 2025.

Harapan ke depan

Semoga kita sebagai IASM semakin bisa bertumbuh dengan gayeng dan guyup.

Semakin dikuatkan di sebagai komunitas yang hidup dan penuh berkah. Seimbang dalam tawa dan kerja. Seimbang dalam canda dan karya.

Markus Budiraharjo, alumnus Seminari Mertoyudan angkatan tahun masuk 1990, resmi didapuk menjadi Ketua Ikatan Alumni Seminari Mertoyudan (IASM) masa bakti tahun 2022-2025. (IASM)
Usai peresmian dan pelantikan Ketua Ikatan Alumni Seminari Mertoyudan (IASM) yang baru periode 2022-2025: Markus Budiraharjo (berdiri tengah, atas) diapit oleh Rektor Seminari Romo Budi Gomulia SJ dan Direktur Seminari Romo Mario Lagor SJ. (IASM)
Serah terima tugas dan tanggungjawab dari Ketua Ikatan Alumni Seminari Mertoyudan (IASM) sebelumnya yakni Fredericus Dwiantoro (kiri) kepada penggantinya Markus Budiraharjo (kanan) disaksikan Rektor Seminari Romo Budi Gomulia SJ. (IASM)

Izinkan saya menyitir syair lagu mars alumni karya almarhum Putut Pudyantoro (Mertois tahun 1980)

Alumni Seminari Santo Petrus Kanisius
Bersyukur dan saling berbagi sejiwa sehati
Dalam karya imamat dan beragam panggilan mulia
Berpadu setia s’bagai saudara membangun G’reja dan bangsa
Jangan pernah ada satu pun domba terlepas hilang dari kawanan
Mari kita saling menjadi berkat
penuh kasih saling menggembalakan
Kita semua diutus mewartakan cinta Tuhan
Dalam karya dan dalam doa hingga tutup usia

Markus Budiraharjo
Ketua IASM 2022-2025

Mertoyudan, 4 September 2022

Dukungan keluarga dan segenap alumni Seminari Mertoyudan dan wakil-wakil dari Asosiasi Alumni Jesuit Indonesia (AAJI) dalam pelantikan Ketua IASM yang baru Markus Budiraharjo. (IASM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here