Menemukan Kehendak Allah dalam Keseharian (5)

0
2,042 views

BAGAIMANA kita bisa menemukan kehendak Allah? Bila kita selalu menempatkan Allah sebagai yang utama dalam niat dan usaha kita, maka menemukan kehendak Allah itu bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Allah sendiri yang akan membimbing dan memimpin langkah-langkah hidup kita.

Untuk itu diperlukan kepekaan jiwa untuk menangkap gerakan roh dan latihan pembedaan gerakan roh. Latihan memusatkan pikiran (focusing), praktik latihan rohani (meditasi dan kontemplasi), pemeriksaan batin umum, pemeriksaan batin khusus adalah cara-cara yang diajarkan Santo Ignasius untuk melatih kepekaan jiwa akan gerakan roh yang memungkinkan kita lebih mudah menemukan kehendak-Nya.

Hidup dalam firmanNya
Menemukan kehendak Allah dan melakukannya sama dengan hidup dalam firman-Nya seperti yang digambarkan dalam Yohanes 15:7. “Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.”

Sehubungan dengan doa atau permohonan kita di atas, jelas sekali bahwa Tuhan Yesus menegaskan, bila kita hidup dalam firmanNya, sesuai dengan kehendakNya maka apa saja yang kita minta, kita akan menerimanya karena yang kita minta pasti sesuai dengan kehendakNya. (Bersambung)

Ignatius Sunandar, pernah mengikuti Retret Agung 30 Hari di Novisiat SJ Girisonta dan kini memimpin Komunitas Sahabat Yesus di Solo, Jawa Tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here