Sosialisasi Tahun Solidaritas Misi Keuskupan Tanjung Selor 2023/2024

0
139 views
Sosialisasi program Tahun Solidaritas Misi Keuskupan Tanjung Selor (TSM-KTS) 2023-2024 yang nantinya akan berlangsung sebagai tuan rumah adalah Paroki Dumaring, Keuskupan Tanjung Selor (KTS)

TAHUN Solidaritas Misi Keuskupan Tanjung Selor (TSM-KTS) 2022/2023 akan segera berakhir. Penutupan TSM-KTS ini nantinya akan dilaksanakan di Gereja St. Petrus Paroki Sungai Kayan (Mara Satu), Kaltara.

Oleh karena itu, tim animator TSM-KTS yang digawangi Pastor Vikaris Jenderal KTS Romo Dominikus Pareta OMI segera melakukan beberapa persiapan untuk estafet TSM-KTS 2023/2024.

Salah satu di antaranya adalah melakukan sosialisasi kepada paroki penyelenggara untuk tahun depan.

Dalam Rapat Pastores KTS Agustus 2023 lalu, telah disepakati bahwa tuan rumah dan penyelenggara kegiatan TSM-KTS 2023/2024 adalah Gereja St. Yoseph Paroki Dumaring, Kaltara.

Pada hari Selasa, 12/9/2023 yang lalu, Pastor Domi Pareta OMI bersama Direktur Dioses Komisi Karya Kepausan Indonesia-Komisi Karya Misioner (Dirdios KKI-KKM) KTS, Sr. Juliva Motulo DSY telah melaksanakan sosialisasi TSM-KTS 2023/2024 di Paroki Dumaring.

Sosialisasi Tahun Solidaritas Misi bersama Pastor Paroki Dumaring Romo Raymond Kalalo MSC (berdiri), Dirdios Keuskupan Tanjung Selor Sr. Juliva Motulo DSY, dan Vikjen Romo Domi Pareta OMI.
Vikaris Jenderal Keuskupan Tanjung Selor Pastor Dominikus Pareta OMI.

Diawali dengan pengantar oleh Romo Raymond Kalalo MSC selaku Pastor Kepala Paroki Dumaring, sosialisasi ini dilakukan di hadapan pengurus Dewan Pastoral Paroki (DPP) harian dan sejumlah perwakilan dari setiap stasi yang ada di paroki ini.

Latar Belakang

Program TSM-KTS merupakan salah satu bentuk pengejawantahan gagasan Bapak Uskup KTS Mgr. Dr. Paulinus Yan Olla MSF terhadap seruan Paus Fransiskus untuk melaksanakan Bulan Misioner Luar Biasa pada bulan Oktober 2019 lalu.

Hal ini berkaitan dengan Ensiklik Paus Benediktus XV Maximum Illud yang genap berusia satu abad sejak diterbitkan.

Refleksi Bapak Uskup terhadap seruan ini adalah bahwa waktu satu bulan dirasa tidaklah mencukupi untuk membentuk sebuah aksi misioner di wilayah KTS.

Bapa Uskup merasa bahwa perlu diadakan suatu program terpadu dan berkelanjutan yang mampu menjamah umat-umat di wilayah-wilyah pedalaman yang sulit terjangkau.

Perlu diketahui bahwa wilayah pelayanan KTS cukup luas.

Ada 15 Paroki yang mencakup seluruh wilayah di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dan satu kabupaten di wilayah administratif Kalimantan Timur.

Covid-19 Gagalkan Tahun Solidaritas Misi Perdana

Pada tahun 2019 silam merupakan tahun awal pelaksanaan TSM-KTS 2019/2020. Gereja St. Lukas Paroki Apo Kayan didapuk sebagai tuan rumah. Namun sayang, segala persiapan akhirnya harus berhenti karena pandemi Covid-19.

Akhirnya, setelah pandemic Covid-19 mulai reda dan kebijakan lockdown sudah mulai longgar, pada  tahun 2021 diadakan TSM-KTS kedua di Gereja St. Paulus Paroki Tideng Pale.

Selanjutnya Gereja Maria Bunda Karmel Paroki Mansalong pada tahun 2022 dan Gereja St. Petrus Paroki Sungai Kayan menjadi penyelenggaranya pada tahun 2023.

Dirdios Keuskupan Tanjung Selor Sr. Juliva Motulo DSY.

Tata laksana Tahun Solidaritas Misi KTS

Sr. Juliva Motulo DSY menjelaskan tentang tata laksana penyelenggaraan TSM-KTS 2023-2024 sebagai berikut:

  • Sosialisasi dari tim animator TSM-KTS.
  • Paroki penyelenggara membentuk tim kepanitiaan lokal.
  • Panitia bersama dengan DPP setempat merumuskan dan menentukan program kerja, anggaran dana kegiatan dan penentuan waktu pembukaan kegiatan.
  • Program kerja yang telah disetujui wajib disosialisasikan kepada umat di seluruh wilayah paroki tuan rumah dan kepada tim dari KTS.
  • Membuat program misi unggulan yang berlandaskan kekhususan, keunikan paroki setempat -baik itu kekhasan secara budaya, cara hidup- atau hal lain yang merupakan ciri khusus dan unik yang berkaitan dengan semangat misioner, pelayanan, dan semangat kebersamaan atau solidaritas.
  • Kirab Salib Misi dan Doa Tahun Solidaritas Misi.

Panitia lokal juga akan diberikan buku pedoman TSM-KTS untuk detil pelaksanaan dan panduan penyusunan program kerja.

Pada kesempatan ini juga sekaligus dilaksanakan pembentukan dan pemilihan panitia lokal TSM-KTS 2023/2024 Gereja St. Yoseph Paroki Dumaring.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here