Vietnam dalam Tiga Pekan: Hanoi Songsong Tahun Baru 2012 (7)

0
2,606 views

HANOI yang super dingin –terutama di malam hari—rupanya tak juga sungkan ingin bersolek ria menyosong datangnya tahun anyar: 2012. Di sepanjang jalan-jalan utama di jantung Ibukota Vietnam ini, banyak panggung umum untuk pentas musik dibangun pihak otoritas wilayah Hanoi. Puluhan pekerja sibuk menyiapkan semua perangkat –mulai dari tata suara dan lighting—sampai menata pinggiran Danau Hoan Kiem  yang awalnya bagian dari trotoar langsung disulap menjadi “taman bunga”.

Polisi setempat bahkan sampai menutup sebuah jalanan besar di seberang Danau Hoan Kiem di jantung Hanoi untuk pekerjaan amal-sosial atas nama: pentas hiburan rakyat menyambut Tahun Baru 2012. Taman-taman nasional di banyak lokasi di Hanoi juga bersiap dengan tampilan baru: panggung pentas lengkap dengan warna-warni bunga berbagai warna menghiasi latar belakang panggung dan sisi samping.

Floris dan tukang kebun tiba-tiba menjadi sangat laris untuk pesta hajatan massal berlabel Tahun Baru ini.

Tak terkecuali di Temple of Literature, sebuah kompleks kuno maha luas dimana diyakini telah berumur lebih dari 1.000 tahun sebagai kompleks pendidikan tinggi pertama kali di Vietnam.  Dalam bahasa lokal Vietnam, kompleks “Taman Pendidikan” itu bernama Văn MiếuQuc T Giám.

Seiring dengan arus gairah masyarakat Ibukota Hanoi menyambut datangnya Tahun Baru 2012, kompleks “Taman Pendidikan” Temple of Literrature juga tak mau ketinggalan memasang “spanduk” bunga bertuliskan “Chúc Mng Năm Mi 2012yang dalam bahasa Jawa akan  berlafal “Ngaturaken Sugeng Warsa Enggal” alias Selamat Tahun Baru.

Gedung Opera Hanoi juga tak kalah sigapnya. Persis di depan bangunan teater semacam Gedung Kesenian Jakarta ini, sebuah panggung pentas juga digelar. Saking meriahnya Hanoi bersiap menyambut datangnya pergantian tahun anyar,  sampai-sampai VTV –stasiun jaringan teve nasional Vietnam–  menurunkan tim liputannya untuk meliput gegap gempita persiapan pesta Tahun Baru ini.

Hanoi yang dingin tak juga ingin ketinggalan berbenah ria menyambut Tahun Baru 2012.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here