Wedi Tempo Dulu: Sekilas Wajah Kota Kecamatan Kabupaten Klaten, Jateng Zaman Lawas

0
769 views
Pasar Wedi zaman dulu by Ist

SEBUAH tayangan video menarik beredar di jagad medsos pada tanggal 10 Juni 2020. Isinya tentang panorama pemandangan Kota Kecamatan Wedi pada tahun-tahun dulu.

Wedi adalah sebuah kota kecamatan di Kabupaten Klaten yang posisinya berada di bagian selatan Kota Klaten.

Beberapa benchmark Kota Wedi antara lain bangunan pasar tradisional yang mengambil ragam melingkar dari ujung barat sampai selatan; dari timur sampai barat.

Tentu saja, Tugu Wedi juga menjadi ikon penting sejarah kota ini.

Lainnya adalah kompleks “kantor” pengelolaan perkebunan tembakau yang di tahun 1970-an disebut PPN lalu berubah nama menjadi PTP.

Pabrik Woor “Gareng”

Juga bangunan Konderan –nama lama untuk menyebut bangunan Kecamatan Wedi. Lalu, pabrik Woor “Gareng” milik Wirowihardjo atau yang kami kenal dengan sebutan Pakdhe Wiro yang berseberangan dengan bangunan di sebelah baratnya yang waktu itu menjadi pabrik tenun.

Berikutnya adalah bangunan Rumah Pegadaian, Gereja Santa Perawan Maria Bunda Kritus Paroki Wedi, Sekolah Kanisius Murukan I dan Sekolah SD Susteran, serta SD Negeri Karang di Dusun Jagalan.

PPN dan los-los tembakau

Los-los tembakau dan sawah-sawah tembakau menjad pemandangan khas Kota Wedi, terutama kalau melihat Wedi di kawasan pedesaan di areal persawahan.

Di Birit ada rumah mewah yang waktu itu disebut “loji” yang artinya gedung rumah yang bagus dengan struktur bangunan yang mewah dibanding rumah-rumah residensial biasa.

Kredit video: Anto Seputar Wedi via Whatsapp.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here