Kasih di Atas Segala Aturan

0
824 views

12 Oktober 2011
“Sebab dalam menghakimi orang lain, engkau menghakimi dirimu sendiri, karena engkau yang menghakimi orang lain, melakukan hal-hal yang sama” (Rom 2:1b)

Lectio:
Rm 2:1-11; Mzm 62:2-3,6-7,9; Luk 11:42-46

HAKIMI DIRI SENDIRI SEBELUM ORANG LAIN

Orang bijaksana mengatakan bahwa peraturan yang baik adalah peraturan yang mau dijalankan juga oleh si pembuat peraturan. Masih banyak peraturan yang dibuat untuk menguntungkan satu pihak tertentu saja, sehingga pada saat yang berkepentingan sudah tidak menjabat lagi, maka peraturan pun akan berubah lagi.
Hal ini juga sama dengan yang dilakukan oleh orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat serta diri kita sendiri, yang hanya mau menjalankan suatu aturan yang menguntungkan  saja, sementara kalau yang merugikan, maka mereka tidak mau mematuhinya. Sebenarnya kasihlah yang bisa mengalahkan segala peraturan yang ada, penghakiman, dan ketidakadilan. Dengan kasih maka peraturan akan berjalan dengan baik dan tidak ada penghakiman, sehingga keadilan akan semakin dirasakan di seluruh masyarakat. Sejauh manakah kita mendahulukan kasih di atas segalanya?

Oratio:
Ya Tuhan Yesus, ampunilah kami karena kami sering tidak mematuhi perintah-Mu dan tidak menjalankan kasih-Mu. Berilah kami Roh Kekuatan agar mampu belajar untuk menjalankan kasih. Amin

Missio:
Saya akan mendahulukan kasih di atas semua aturan yang ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here