Merayakan Devosi kepada Bunda Maria di Panti Asuhan Vincentius Jakarta

0
157 views
Anak-anak Panti Asuhan Vincentius Putera di Jakarta melakukan aksi devosional kepada Maria dengan prosesi Doa Rosario. (Ist)

DENGARKANLAH Maria, terima salamku. Dengan pujian syukur, serta nyanyianku.

Itu adalah penggalan bait dari salah satu lagu yang dilantunkan anak-anak Panti Asuhan Vincentius Putera mengiringi perarakan Patung Bunda Maria dan Doa Rosario pada hari Jumat 31 Mei, sore hari.

Diiringi dengan permainan biola, gitar, dan cajon oleh beberapa anak, lagu yang biasa dinyanyikan menjadi lebih indah terdengar dan sepenuh hati, seolah menyampaikan kerinduan anak-anak pada ibu dan Bundanya.

Perarakan yang dimulai dari lapangan SD dan berlanjut melewati lorong panti, sampai akhirnya ditutup di Gua Maria yang berada tepat di depan kapel.

Devosi kepada Maria dan Orang Kudus dengan prosesi doa.
Prosesi Doa Rosario.

Usai doa dan berkat penutup dari Pater Philipus Adi OFM, maka anak-anak lalu meletakkan lilin yang mengiringi doa mereka di situ.

Doa Rosario itu sendiri dipimpin oleh Bruder Don Bosco Priyo OFM atau akrab disebut Bruder Koko OFM dibantu oleh beberapa anak yang secara bergantian memimpin doa Salam Maria.

Anak yang lebih besar biasa bertugas membawa tand yang telah dihias sederhana namun menambah kecantikan patung Bunda Maria yang mereka tandu.

Beberapa pengasuh, karyawan, dan sahabat Vitra (Vincentius Putra) turut berdoa dan bernyanyi bersama di dalam iringan.

Patung Maria.
Berkat dari imam.

Lepas kegiatan doa, tiba saatnya santap malam bersama. Semua anak dan pengasuh berkumpul di pendopo, siap menikmati makan malam yang telah disiapkan oleh suster dan tim dapur.

Seorang anak kembali diminta oleh Bruder Koko OFM untuk membawa doa sebelum makan malam. Sebelum membagikan makanan, tak lupa pengasuh berpesan agar anak-anak mencuci piring yang habis digunakan masing-masing.

  • Dengarkanlah Maria, terima salamku.
  • Dengan pujian syukur, serta nyanyianku.
  • Terima salam kami.
  • Amin.
Saatnya makan bersama usai doa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here