OMK Paroki Pasar Minggu, Jaksel: Perangi Hoaks di Hari Sumpah Pemuda  

0
225 views
Paparan presentasi dari J. Heru Margianto sebagai narsum. (Ist)

HARI Minggu tanggal 28 Oktober 2018 pekan lalu adalah Hari Sumpah Pemuda. Tak mau ketinggalan, Paroki Keluarga Kudus Pasar Minggu, Jakarta Selatan ikut merayakan Hari Sumpah Pemuda.

Acara kali ini berupa sebuaah talk show bertema “Menjaga Kebhinnekaan di Sosial Media”.

Acara yang digagas Panitia Tahun Persatuan 2018 Paroki Pasar Minggu ini menggandeng dan melibatkan Orang Muda Katholik dan Karang Taruna warga tetangga di sekitar paroki.

Kami menghadirkan narasumber yakni J. Heru Margianto wartawan Kompas.com, Damar Juniarto (Regional Coordinator SAFEnet), dan Mathari Timoer (Komunitas Bela Indonesia, penggiat aktif di gerakan internet sehat).

Materi yang disampaikan sungguh menarik. Itu perihal kebhinnekaan dalam keberagaman di sosial media. Dijelaskan bahwa di media sosial, orang-orang yang ada di dalamnya justru tidak ‘bhinneka’.

Kita dipertemukan dengan orang-orang sekitar kita yang ‘similar’ alias serupa. Hal itulah yang menunjukan bahwa media sosial justru tidak mendekatkan orang-orang yang beragam.

Menyimak paparan narsum.

Selain itu, materi lain adalah bagaimana kita tidak ikut termakan hoaks yang dewasa ini gampang sekali beredar di masyarakat. Juga ada kiat membedakan  berita  faktual dan kabar hoaks.

Mari melawan hoaks: saring dulu sebelum sharing.

Peserta talk show yang didominasi anak-anak muda tampak semangat menyimak. Pada sesi akhir, ditutup dengan sesi tanya jawab, dengan pertanyaan yang sangat kritis dan berbobot dari peserta, dan memunculkan komitmen untuk terlibat menjadi relawan di gerakan internet sehat.

Diharapkan kegiatan ini semakin meluas dan dapat dikembangkan oleh paroki-paroki lain karena sangat bermanfaat.

Akhir kata, ayo gebyarkan semangat mudamu dengan menjadi orang muda bhinneka dalam bermain medsos.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here