Pelita Hati: 14.03.2019 – Maha Murah Hati

0
451 views

Bacaan Matius 7:7-12

Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.” “Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Sahabat pelita hati,

PELITA sabda hari ini berisi dua pesan keutamaan yang penting, yaitu:

  1. Allah kita adalah Allah yang murah hati. Kebaikan dan kemurahan hatinya terumus dalam sabda-sabda-Nya yang meneguhkan dan memberi harapan:  yang meminta akan menerima, yang mencari akan mendapatkan dan yang mengetok baginya pintu dibukakan. Inilah kebaikan Bapa yang diberikan dan disediakan bagi umat-Nya. Rasanya hati menjadi tenang karena kebaikan-kebaikan Tuhan itu. Namun harus digarisbawahi bahwa manusia wajib secara aktif berusaha memohon, mencari dan mengetuk pintu dan Tuhan akan memberikannya.
  2. Tuhan mengajarkan tentang pentingnya menanam dan menaburkan kebaikan. Sudah barang tentu setiap orang berharap agar mendapatkan perlakuan yang baik dari orang lain:  dihargai, dihormati, didengar, diperhatikan dan sebagainya. Sabda Tuhan menyatakan bahwa segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang lain perbuat kepadamu, perbuatlah juga kepada mereka.  Dengan kata lain, bila kita ingin dihargai orang lain belajarlah menghargai orang lain;  bila kita ingin diperhatikan, belajarlah untuk memperhatikan;  bila ingin mendapatkan perlakuan yang ramah dari orang lain, belajarlah berlaku ramah terhadap mereka;  bila kita ingin orang lain tidak ingkar terhadap janjinya, maka kita pun harus belajar menepati janji.

Sahabat pelita hati,

Pelita sabda hari ini sungguh sarat dengan ajaran keutamaan. Semoga kita semakin percaya dan menyandarkan harapan kita kepada Tuhan yang berlimpah kemurahan hati-Nya. Itulah kebaikan Tuhan yang senantiasa dilimpahkan kepada kita. Semoga kita pun juga mampu menaburkan kebaikan yang sama kepada sanak saudara kita. Semoga.

Jika ingin safari bahari,
datanglah ke Raja Ampat.
Mintalah maka akan diberi,
carilah maka akan mendapat.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here