Pelita Hati: 14.05.2019 – Saling Mengasihi

0
583 views

Bacaan Yohanes 15:9-17

“Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu. Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain.” (Yoh 15:16-17)

Sahabat pelita hati,

PELITA sabda hari ini menyampaikan empat pesan keutamaan, yaitu:
pertama, Tuhanlah yang memilih,  kedua, Tuhan juga yang mengutus, ketiga, tujuan perutusan adalah agar kita menghasilkan buah, dan keempat, perintah agar selalu saling mengasihi satu dengan yang lain. Dengan demikian ujung dari panggilan dan perutusan para murid adalah menumbuhkembangkan cinta kasih. 

Sahabat terkasih, 

Masing-masing dari kita memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. Apapun tugas, pekerjaan dan panggilan kita, Tuhan telah memanggil dan memilih kita bergabung dalam kawanan domba-Nya. Bukan karena usaha kita tetapi Allah lah yang memilih kita. Ini berarti panggilan yang kita hidupi adalah berasal dari kehendak-Nya yang kudus. Karenanya kita tak boleh mempermainkan panggilan hidup, apa pun itu. Tuhan jugalah yang mengutus kita pergi agar kita menghasilkan buah, yakni buah kebaikan dan keutamaan. Dengan kata lain, setiap dari kita -tanpa kecuali,- dengan caranya masing-masing harus menghasilkan hidup yang bermakna dan berdaya guna bagi kebaikan sesama. Dan akhirnya,  Tuhan memerintahkan agar kita selalu mengenakan kasih alias saling mengasihi satu dengan yang lain.  Hidup yang didasarkan kasih itulah yang akan berbuah kebaikan. 

Sahabat terkasih,

Semoga kita mampu menampilkan diri sebagai pribadi-pribadi terpilih yang selalu menebarkan kasih dalam setiap tapak jejak dan langkah hidup kita. Inilah tanda nyata bahwa kita adalah anak-anak terang dan anak-anak Tuhan. Tetaplah menebarkan kasih dan kebaikan kepada sesama.

Ini jamu bukan sembarang jamu,
jamu istimewa dari Cimahi.
Inilah perintah-Ku kepada-Mu,
hendaklah kamu saling mengasihi.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, Rm. Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here