Pelita Hati: 20.09.2019 – Derma Bagi Sesama

0
682 views

Bacaan Lukas 8:1-3

Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia, dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat, Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.

Sahabat pelita hati,

HARI ini kita berjumpa dengan sejumlah perempuan yang ikut terlibat dalam karya pewartaan Yesus. Dari keempat Injil, hanya penginjil Lukas yang mengisahkan tentang ikut sertanya para perempuan dalam karya pewartaan Tuhan. Memang mereka tidak selalu menyertai Yesus berkeliling dari satu tempat ke tempat lain, seperti keduabelas murid. Namun para perempuan ini memiliki peran dalam mendukung karya dan pelayanan Tuhan melalui kelebihan rezekinya. Dengan kata lain, para perempuan ikut menopang karya pewartaan Tuhan melalui donasi atau sumbangan dana dan materi.

Sahabat terkasih,

Bapa Suci Paus Yohanes Paulus II semasa hidupnya pernah mendirikan “Komunitas Orang Samaria Baik Hati”, yaitu kumpulan orang-orang yang berkelebihan rezeki dan mengumpulkan donasi untuk mendukung karya para petugas kesehatan dan pegiat sosial yang menanggulangi masalah sosial HIV/Aids di Afrika. Para donatur ini memang tidak terjun langsung tetapi donasinya amat berguna dan mendukung pelayanan sosial tersebut. Yang satu menjalankan pelayanannya dengan terjun langsung, yang lainnya mendukungnya melalui sumbangan dana. Sebuah kerjasama yang sangat apik bagi pelayanan sosial. Semoga karya para wanita penderma sebagaimana dikisahkan dalam Injil hari ini serta karya sosial “komunitas Orang Samaria yang Baik Hati” dapat menginspirasi kita dalam melakukan pelayanan dan karya kasih di tempat kita masing-masing. Bukan besarnya dana yang dipentingkan tetapi kerelaan dan niatan hati untuk membantu sesama itu yang diutamakan. Semoga kita mampu mengusahakannya.

Merah warna buah delima,
asam manis segar rasanya.
Berdermalah kepada sesama,
bagi yang berbeban berat hidupnya.

Taman Doa Maria “Ratuning Katentreman lan Karaharjan”,Gantang
Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here