Pelita Hati: 24.02.2020 – Kekuatan Doa

0
565 views

Bacaan Markus 9:14-29

Sahabat pelita hati,

PELITA sabda hari ini berkisah tentang “Yesus mengusir roh dari seorang anak yang bisu.” Kisah diawali dengan adanya anak yang Kerasukan roh namun para murid Yesus gagal mengatasinya. Kemudian Yesus  bertindak dan berhasil mengusir roh jahat. Akhirnya, Yesus menjelaskan kepada para murid-Nya tentang mahadaya dan kekuatan doa.

Sahabat terkasih, 

Secara khusus mari kita arahkan perhatian kita pada bagian terakhir dari pelita sabda hari ini yakni nasehat Yesus tentang kekuatan doa. Hal ini diawali oleh murid-murid yang bertanya, mengapa mereka tidak bisa dan tak berhasil mengusir roh itu. Yesus berkata, “Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa.” Doa yang dimaksud oleh Yesus bukan pertama-tama rangkaian kata yang harus diucapkan supaya roh jahat takut dan pergi. Doa adalah ungkapan iman bahwa kita bergantung dan bersandar pada kuasa Allah. Doa merupakan pernyataan iman bahwa bukan kita manusia yang bertindak tetapi Allahlah yang berkuasa. Kedua belas murid memang telah diberi kuasa oleh Yesus untuk mengusir roh-roh jahat, tetapi tak bisa digunakan sekehendak hati. Selalu harus menyertakan Allah sebagai sumber kekuatan.

Manusia hanyalah alat yang dipakai oleh Allah untuk menyatakan kuasa-Nya. Kegagalan para murid mengusir roh tentu karena mereka terlalu percaya diri dan kurang menaruh kepercayaan kepada Allah. Di sinilah pentingnya doa, saat kita menyerahkan dan menyandarkan diri pada maha kuasa-Nya. Kita harus yakin bahwa doa adalah sumber energi rohani yang memampukan kita untuk melakukan aneka karya dengan segala macam ragam tantangannya. Sisihkan  waktu untuk berkanjang di dalam doa. 

Jalan-jalan ke Singapura,
negara tetangga yang pesat kemajuannya.
Sambut pagi dengan gembira,
sujud doa berserah kepada-Nya

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,
Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here