Puncta 23.06.19 HR Tubuh dan Darah Kristus Luk 9: 11b-17: Kamu Harus Memberi Mereka Makan

0
379 views
Ilustrasi: Yesus memberi makan orang banyak. (Ist)

KEVIN Carter memperoleh hadiah Pulitzer pada tahun 1994. Fotonya menggambarkan seorang gadis yang merunduk kelaparan dan berusaha merangkak kelelahan menuju food camp pengungsian PBB yang berjarak 1 kilometer dari tempatnya.

Ia telanjang, kurus dengan tulang menonjol dimana-mana, sementara di belakangnya ada burung pemakan bangkai yang sudah mencium ‘bau kematian’ gadis kecil tersebut.

Foto tersebut diambil di Sudan, Afrika Utara pada Maret 1993. Kevin mendengar isak tangis gadis tersebut. Ia sempat menunggu selama 20 menit supaya burung pemakan bangkai itu pergi, sementara menunggu ia mengambil foto gadis itu, karena burung tersebut tidak juga meninggalkan gadis itu.

Begitu foto tersebut dipublikasikan oleh harian The New York Times, redaksi menerima begitu banyak telepon menanyakan kabar gadis itu: “Apakah dia tewas?” .”Apakah dia bisa sampai ke camp/food-center PBB?”.

“Apakah dia dimakan burung pemakan bangkai?”. “Bagaimana saya bisa menolong gadis tersebut?”.

Ada pertanyaan yang menyentak benaknya; “Mengapa Kevin tidak segera menolong anak itu?!”

Dua bulan setelah menerima penghargaan bergengsi tersebut, Kevin mati bunuh diri karena dihantui pemandangan tersebut. Mungkin dia menyesal, tidak menolong anak kelaparan tersebut.

Hari ini Gereja merayakan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus. Yesus selalu diikuti oleh orang banyak yang ingin mendengar pengajaranNya. Para murid meminta Yesus untuk menyuruh orang-orang itu pergi atau pulang karena hari sudah senja.

Tetapi Yesus berkata, “Kamu harus memberi mereka makan!”. Para murid masih mengeluh, “Kami hanya punya lima roti dan dua ikan”.

Ketika menghadapi kesulitan, kita kadang ingin lepas tangan. Tak mau bertanggungjawab. Para murid ingin lepas tangan dengan menyuruh mereka pergi. Mereka juga mengeluh karena tidak punya sesuatu yang cukup untuk menolong.

Kata-kata Yesus tegas, “Kamu harus memberi mereka makan!”

Yesus tidak mau muridNya lepas tanggungjawab. Jika ada orang kesulitan, mereka harus cepat menolong. Ketika yang sedikit itu dipersembahkan kepada Tuhan, maka akan menjadi berkelimpahan, bahkan ada sisa!

Kita tidak boleh hanya menjadi penonton, atau lepas tangan, atau bahkan “ambil keuntungan” dari penderitaan orang lain. Kita harus membantu. Kevin Carter itu melakukan tindakan tragis karena tidak menolong gadis kelaparan itu. Ia membiarkan burung bangkai memakannya. Ia menyesal tidak berbuat apa-apa.

“Kamu harus memberi mereka makan” adalah perintah Yesus untuk menolong sesama. Kita sudah diberi anugerah kehidupan dengan cuma-cuma, maka kita pun harus menjadi saluran berkah bagi sesama kita. Jangan pernah lepas tangan, lari dari tanggungjawab.

Ayolah menolong sesama kita.

Ke hutan berburu kancil.
Tiba-tiba ketemu singa
Walau hanya sedikit dan kecil. Pertolongan kita sangat berguna

Berkah Dalem,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here