Puncta 28.05.18. Markus 10:17-27: Tinggalkan Segalanya

0
1,070 views
Petrus dan kunci kerajaan allah (Ist)

SESUDAH misa di susteran, saya melihat seorang suster yang sudah lanjut usia dengan kain lap membersihkan wastafel sampai mengkilat.

Saya berkomentar suster rajin sekali. Ia menjawab, “Romo, tidak mudah mencari surga.”

Jawaban yang mengejutkan saya.

Yesus ditanya bagaimana memperoleh hidup yang kekal. Apa yang harus dibuat oleh orang yang ingin mendapatkan hidup kekal. Yesus mengutip perintah Allah dalam Kitab Taurat. Dan orang itu menjawab sudah melakukannya sejak masa muda. Namun Yesus melihat masih ada kekurangannya yaitu untuk lepas bebas meninggalkan segala sesuatu. Dan ketika ditantang untuk hal itu, orang itu mundur teratur.

Untuk memperoleh hidup kekal ternyata Yesus menuntut kita melepaskan segalanya. Makanya Yesus pernah berkata, barangsiapa menyayangkan nyawanya ia akan kehilangan nyawanya itu. Justru yang tidak nyawanya demi Yesus, ia akan memperoleh hidup yang kekal.

Berikutnya kita diajak untuk tidak hanya terpaku melakukan kewajiban-kewajiban hukum Taurat. Kita dituntut lebih yakni melakukan segala sesuatu dengan kasih.

Marilah kita mencari surga dengan penuh perjuangan karena tidak mudah untuk mendapatkannya. Sampai jumpa esok pagi di Ekaristi-Nya. Berkah Dalem.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here