Home KITAB SUCI & RENUNGAN HARIAN Renungan Harian Apa Andalan Para Utusan Tuhan?

Apa Andalan Para Utusan Tuhan?

0
51 views
Santo Barnabas. (Ist)

HARI ini, Tuhan Yesus mengutus para murid-Nya (Matius 10: 7-13). Dia berpesan agar mereka tidak membawa emas atau perak dalam perjalanan; bekal dan dua helai baju; kasut atau tongkat (Matius 10:9-10).

Sesungguhnya, orang yang mengadakan perjalanan perlu membawa bekal. Tetapi mengapa Yesus mengatakan hal itu? Yesus ingin agar mereka lebih mengandalkan Tuhan daripada barang-barang duniawi.

Apakah mereka menaati pesan Yesus itu?

Kita bisa melihatnya dalam Kisah Para Rasul. Barnabas yang diutus untuk pergi ke Antiokia menjadi teladan iman karena mengandalkan Tuhan dan Roh Kudus. “Karena Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman, sejumlah orang dibawa kepada Tuhan.” (Kisah Rasul 11:24).

Dia menasihati agar semua tetap setia kepada Tuhan (Kisah Rasul 11:23).

Di samping itu, mereka juga tekun beribadah kepada Tuhan, berdoa dan berpuasa. Pada saat hendak mengutus Barnabas dan Paulus pun, mereka berdoa dan berpuasa (Kisah Rasul 13:3).

Apa yang dapat kita refleksikan dari sabda Tuhan pada peringatan Santo Barnabas ini?

Pertama, para utusan Tuhan hendaknya yakin bahwa pelaku utama dalam mewartakan injil adalah Yesus. Kepada-Nya telah diberikan segala kuasa atas surga dan bumi (Matius 28:18). Karena itu, para utusan Tuhan tidak perlu khawatir.

Kedua, para utusan itu hendaknya melibatkan Roh Kudus dalam karyanya. Mereka memang perlu mewartakan injil. Namun yang membuka hati dan pikiran para pendengar serta membuat mereka percaya adalah Roh Kudus.

Ketiga, para utusan Tuhan hendaknya membawa hal-hal yang sungguh diperlukan saja. Mereka tidak perlu khawatir akan kehidupan mereka, karena para pekerja patut mendapatkan upahnya (Lukas 10:7).

Semua orang Kristen mendapat tugas mewartakan injil. Ketika menghadapi pelbagai tantangan dan kesulitan, hendaknya mereka ingat akan pesan Yesus dan belajar dari para rasul yang telah melaksanakan pesan Yesus itu. Bagaimanakah selama ini kita menjalankan tugas sebagai utusan Tuhan?

Apakah kita mengandalkan Tuhan dan Roh Kudus?

Selasa, 11 Juni 2024
Peringatan Santo Barnabas, Rasul
HWDSF

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here