Dimeteraikan

0
2,133 views

“Kata malaikat, ‘Janganlah merusakkan bumi atau laut atau pohon-pohon sebelum kami memeteraikan hamba-hamba Allah kami pada dahi mereka!’” (Why 7,3) 

BEBERAPA waktu yang lalu, ada tiga orang mahasiswa yang meninggal saat mengikuti acara Mapala dari sebuah perguruan tinggi di Yogyakarta. Sebelum acara, orang tua harus memberikan tanda tangan pada sebuah dokumen yang bermeterai enam ribu. Namun demikian, orang tua dari salah satu kurban menyatakan keberatan kalau dokumen tersebut menjadi alasan bagi panitia untuk berbuat semena-mena terhadap peserta atau melakukan perbuatan yang dapat mengancam nyawa peserta. Dia keberatan kalau nyawa seseorang hanya dihargai enam ribu rupiah.

Meterai bentuknya memang kecil. Meterai sering ditempelkan pada dokumen-dokumen resmi dan berharga, yang bisa dipergunakan sebagai bukti sah di pengadilan. Banyak lembaga, instansi atau perkantoran yang mempergunakan meterai pada dokumen-dokumen mereka. Meterai berfungsi untuk menunjukkan bahwa dokumen tersebut sah dan asli.

Meterai rupanya menjadi sebuah alat yang dikenal oleh banyak negara. Meterai tidak hanya dipergunakan pada jaman ini, tetapi juga telah digunakan pada jaman dahulu oleh para raja atau pemimpin negara. Meterai bentuknya bermacam-macam dan gambarnya juga bermacam-macam. Meterai berfungsi sebagai tanda kepemilikan sah dan sesuatu yang penting dalam dunia pengadilan atau hukum.

Meterai rupanya juga dikenal di dalam Kitab Suci dan juga dalam kehidupan umat beriman. Meterai tidak hanya untuk menandai dokumen, tetapi juga untuk menandai umat beriman. Mereka adalah orang-orang yang telah dimeteraikan, artinya dikukuhkan, disahkan, dijamin keamanan dan keselamatannya. Hal ini penting disadari, apalagi kalau suatu saat semua orang akan menghadapi pengadilan akhir. Umat beriman telah dimeteraikan pada saat pembaptisan; mereka tidak hanya dimeteraikan dengan kertas atau barang duniawi, tetapi dimeteraikan secara ilahi, oleh Roh Kudus sendiri, yang dianugerahkan kepada mereka.

Sejauh mana saya menyadari diri sebagai orang yang sudah dimeteraikan: kapan itu terjadi, apa makna dan artinya bagi diriku? Berkah Dalem.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here