Puncta 27.11.19 Luk 21:12-1: Bertahan Akan Hidup

0
252 views
Ilustrasi: Umat katolik Paroki Wedi di Klaten Selatan melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan seputaran gereja menjelang Natal 2016. (Laurentius Sukamta)

BEBERAPA waktu yang lalu Ahok atau Basuki Tjahaya Purnama diangkat menjadi komisaris utama Pertamina.

Ada banyak orang meradang dan memprotes keputusan ini. Tetapi tidak sedikit yang berharap Ahok bisa berbuat banyak untuk memperbaiki kinerja BUMN ini seperti dulu ia berbuat banyak ketika menjadi Guberur DKI.

Orang pasti langsung teringat bagaimana dia dimasukkan ke dalam penjara dengan demo berjilid-jilid.

Deny Siregar membuat kesimpulan di statusnya, “Tuhan membalas dengan anggunnya.”

Dalam bacaan Injil hari ini Yesus menasehatkan kepada murid-muridNya untuk bertahan dalam segala perkara. “kalau kalian bertahan kalian akan memperoleh hidupmu.”

Menyandang sebagai murid Yesus itu tidak mudah. Sejak awal Yesus sudah mewanti-wanti bahwa para murid akan menghadapi kesulitan, tantangan, penderitaan, aniaya, penolakan, ancaman, bahkan pembunuhan.

Para murid akan dibawa ke pengadilan, dimasukkan ke penjara, dihadapkan kepada para raja dan penguasa.

Tetapi Yesus tidak membiarkan kita sendirian. Dia berkata, “Sebab itu tetap teguhlah di dalam hatimu, jangan kalian memikirkan lebih dahulu pembelaanmu. Aku sendirilah yang akan memberi kalian kata-kata hikmat, sehingga kalian tak dapat ditentang atau dibantah lawan-lawanmu.”

Pesan Yesus jelas, tidak perlu takut kalau kita berada di pihak yang benar. Maju terus dan berjuang dengan gagah. Orang benar tak bisa dikalahkan dengan pedang sekalipun.

Yesus meminta kita untuk bertahan dan menyatukan diri dengan perjuanganNya. Yesus berjuang untuk menegakkan kerajaan kebenaran dan cinta kasih. Siapa saja yang mau menjadi muridNYa harus siap seperti prajurit yang bertahan dalam segala tantangan.

Janji Yesus itu nyata, Siapa yang bertahan akan memperoleh hidup. Apakah anda siap berada di belakang Yesus untuk menjadi prajuritNYa?

Ke kebun binatang membawa pisang dan rambutan
Dijarah oleh kera-kera yang bergelantungan
Murid Yesus harus teguh berjuang demi kebenaran
Berani bertahan dalam segala perkara kehidupan

Cawas, anggrek merah tiada duanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here