Sidak

0
289 views

“Berbahagialah hamba yang didapati tuannya sedang melakukan tugasnya, ketika tuan itu datang.” (Luk 12,43)

BEBERAPA waktu yang lalu, Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Barat mengunci pintu Dinas Komunikasi Informatika, Kehumasan, Statistik dan Persandian. Hal itu beliau lakukan pada saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan tidak ada pegawai yang berada di kantor. Akibatnya, semua pegawai dinas tersebut berkeliaran di depan kantor. Pintu kembali dibuka Wabub setengah jam kemudian, setelah kadis menghadap beliau dan pegawai diijinkan masuk.

Inspeksi mendadak sering dilakukan oleh para pejabat di daerah maupun pusat. Mereka melakukan peninjauan mendadak, tanpa adanya informasi atau pemberitahuan terlebih dahulu terhadap kantor atau instansi yang hendak dikunjunginya. Dengan kegiatan ini, mereka dapat melihat secara langsung kenyataan yang terjadi di wilayah kerjanya; mereka dapat melihat langsung kinerja para pegawainya, suasana yang ada dan terjadi di tempat kerja mereka serta hal-hal lainnya. Mereka bias menemukan bahwa kenyataan yang terjadi di lapangan sering berbeda dengan yang dilaporkan secara tertulis.

Tindakan pejabat yang melakukan sidak sering merepotkan dan mengagetkan banyak pegawai atau karyawan, khususnya mereka yang terbiasa bermalas-malas, suka ngeluyur, datang terlambat, sering meninggalkan kantor tanpa alasan yang jelas, tidak bekerja dengan sunguh-sungguh. Sidak bisa menimbulkan rasa malu atau mendatangkan hukuman, karena pimpinan mengetahui secara langsung keburukan, kekurangan, kesalahan dan kebiasaan tidak baik yang mereka lakukan.

Bagi pegawai yang terbiasa disiplin dan bekerja sungguh-sungguh sesuai dengan aturan atau ketentuan yang ada, sidak bukan sebuah tindakan yang menakutkan atau mengkawatirkan. Mereka bisa memberikan informasi atau penjelasan tentang hal-hal yang mereka kerjakan, data-data yang mereka dapatkan atau hal-hal lain yang ditanyakan pemimpin. Pemimpin bisa melihat langsung pegawai mereka yang mempunyai sikap, perilaku dan kinerja yang baik. Pemimpin mungkin juga akan memikirkan adanya penghargaan terhadap mereka yang dapat bekerja dengan baik dan memuaskan.

Inspeksi mendadak mungkin tidak hanya dialami oleh para pegawai kantoran; tetapi juga dapat terjadi di dalam kehidupan umat beriman. Allah bisa datang setiap saat di dalam kehidupan mereka, tanpa mereka ketahui. Berbahagialah mereka yang siap sedia, selalu berjaga-jaga dan dengan setia melakukan tugasnya sebagai orang beriman. Tuhan pasti akan memberikan berkat dan rahmat yang melimpah untuk mereka ini.

Sejauh mana saya mengembangkan diri sebagai orang yang siap sedia, berjaga-jaga dan setia menjalankan tugas? Berkah Dalem.

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here