Tuhan Terlibat dalam Sejarah Manusia

0
5,301 views
Ilustrasi: Silsilah Yesus (Ist)

DUA bacaan Injil hari Kej 49:: 2, 8-10 ini Matius 1:1-17 memperlihatkan bahwa Allah terlibat dalam sejarah hidup manusia. Kehidupan manusia yang jatuh bangun, terseret dalam arus dosa tidak membatalkan rencana Allah untuk menyelamatkan dunia ini.

Justru di dalam dan melalui sejarah manusia yang penuh dengan dinamika pergolakan peperangan dan kejatuhan dalam dosa, Allah hadir dan ikut terlibat dalamnya.

Dalam catatan silsilah Yesus Kristus, ada beberapa orang wanita asing masuk dalamnya. Kita bisa sebut beberapa: Tamar, anak mantu yang Yehuda  kemudian justru menjadi istrinya. Rut perempuan Kanaan yabg setia melayani mertuanya dijadikan istri oleh Boas yang kemudian menurunkan Obed.

Daud mengambil Betsyeiba, istri Uria menjadi istrinya dan melahirkan puteranya Salomo. Sejarah Israel sebagai bangsa juga penuh intrik politik busuk yang berujung pada pembuangan ke Babel. Seluruh catatan ini mau memperlihatkan bahwa rencana keselamatan Allah itu tidak anti akan kelemahan dan keberdoaaan manusia dan kerapuhan sejarahnya.

Yesus muncul dalam silsilah ini mau memperlihatkan bahwa Yesus sungguh Allah dan sungguh manusia. Yesus mempunyai silsilah dan sejarah turunan. Dan dalam diri Yesus, silsilah dan sejarah manusia mengalami keilahian. Dalam Kristus sejarah manusia diperbaharui dan dimurnikan.

Bagaimana dengan saya? Allah menulis lurus dalam garis-garis bengkok kehidupan manusia. Hanya sering manusia kurang peka, kurang sadar dan kurang beriman bahwa Allah terlibat dalam seluruh sejarah hidupnya.

Doaku: Tuhan bantulah saya untuk selalu sadar dan percaya bahwa Engkau terlibat dalam hidupku. Amen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here