Dr Aloma Sarumaha Jadi Pelaksana Tugas Dirjen Bimas Katolik Kemenag RI

0
1,382 views
Dr. Aloma Sarumaha bersalaman dengan Bapa Suci Paus Fransiskus di Lapangan Santo Petrus Vatikan saat menemani Menag RI waktu itu Lukman Hakim Saifuddin. (Dok. Aloma Sarumaha)

Dr. Aloma Sarumaha mulai hari Selasa ini tanggal 11 Februari 2020 resmi menjabat Pelaksana Tugas Dirjen Bimas Katolik Kemenag RI.

Keputusan atas penunjukan Aloma Sarumaha ini terjadi atas arahan Menteri Agama R Jenderal TNI (Purn.) Fachrul Razi.

Bersamaan itu, Menag Fachrul Razi juga telah menunjuk M. Thamrin sebagai Pelaksana Tugas Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenag.

Pelaksana Tugas Dirjen Bimas Katolik Kemenag RI Dr. Aloma Sarumaha (Kemenag RI)

Kepastian soal penunjukan kedua pejabat Pelaksana Tugas ini disampaikan oleh Sekjen Kementerian Agama RI Prof. Dr. M. Nur Kholis Setiawan melalui laman resmi Kemenag RI.

“Surat perintah sudah ditandatangani oleh Bapak Menag Bapak Fachrul Razi. Per hari tanggal 11 Februari 2020 ini, Pelaksana Tugas Dirjen Bimas Katolik Kemenag adalah Dr. Aloma Sarumaha,” terang Prof. M. Nur Kholis Setiawan di Jakarta, Selasa (11/2/2020) sebagaimana dikutip oleh laman resmi Kemenag.

“Sedangkan Pelaksana Tugas Irjen Kemenag adalah M. Thamrin,” tambahnya kemudian.

Ki-ka: Paulus Tasik Galle dari Pusat Kerukunan Umat Beragama Sekretariat Jenderal Kemenag RI, kini mantan Menag Lukman Hakim Saifuddin, dan Dr. Aloma Sarumaha dalam kesempatan kunjungan ke Vatikan. (Dokumen pribadi)
Ki-ka: Romo Markus Solo SVD, Dubes RI untuk Vatikan HE Antonius Agus Sriyono, Kepala Badan Vatikan untuk Hubungan Antaragama Kardinal Guixot, Menag Ri Lukman Hakim Saifuddin, Dr. Aloma Sarumaha, Paulus Tasik Galle, dan staf KBRI Vatikan. (Dok. Aloma Saruhama)

Selama ini, Aloma Sarumaha, doktor antropologi lulusan UI tahun 2015, menjabat Sekretaris Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik.

Sebelumnya, Aloma adalah lulusan IPI Malang.

Pria kelahiran Nias di Sumatera Utara ini berstatus Pembina Utama Muda Golongan IV/C dengan masa kerja selama 27 tahun dan 11 bulan di jajaran Kemenag RI.

Sedangkan M. Thamrin selama ini menjabat Sekretaris Itjen Kementerian Agama.

Lelang jabatan

M. Nur Kholis menambahi, Kementerian Agama dalam waktu dekat ini akan membuka lelang jabatan untuk posisi Dirjen Bimas Katolik dan Irjen Kemenag, serta sejumlah jabatan setingkat eselon II yang masih belum terisi.

“Semoga beberapa jabatan Eselon I dan II di Kemenag yang kosong bisa segera terisi. Kami akan lakukan lelang jabatan dalam waktu dekat,” tandasnya sebagai dikutip laman resmi Kemenag RI.

Sumber: Kemenag RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here