Kurang Cinta Bikin Anak Jadi Klepto!

0
1,721 views

Hubungan yang tak harmonis dengan keluarga bisa membuat seseorang menjelma menjadi kleptomania.

Bagi pengidap kleptomania, tindakan mengambil tanpa izin tersebut ibarat mengambil dan menyimpan cinta dan kasih sayang yang hilang dari hidup mereka.

Psikolog dari Rumah Sakit Pondok Indah Roslina Verauli M.Psi menjelaskan kalau kleptomania umumnya disebabkan oleh kurang harmonisnya hubungan seseorang dengan keluarga. Misalnya, anak kecil yang kurang mendapat perhatian atau kontrol dari orangtuanya.

“Latar belakang kehidupan keluarga yang harmonis sangat berpengaruh. Sebab anak butuh diperhatikan dan dicintai,” cetus Roslina.

Kalau sampai anak merasa kehilangan cinta, ia bisa berubah sosok menjadi kleptomania. Pengidap kleptomania sering menganggap tindakan mencuri yang mereka lakukan itu seperti mengambil dan menyimpan kembali cinta dan kasih sayang yang hilang dari hidup mereka.

Melihat penyebabnya, cara untuk mencegah agar anak tak berubah menjadi kleptomania sangatlah mudah. Beri perhatian yang cukup dan ciptakan suasana yang nyaman bagi anak.

“Yang perlu diingat, jangan sampai terlalu dimanja. Sebab bisa membuat si anak manja ketika dewasa. Dikhawatirkan nantinya malah menciptakan masalah baru lagi,” imbuh Roslina.

Michael/ sehatnews.com

Sumber : wlovesex.sehatnews.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here