Memperbincangkan Problem Etis Medik dari Perspektif Ajaran Gereja

0
2,251 views

BANYAK masalah etis-medik muncul di kamar bedah, bahkan di ruang praktik dokter. Apakah itu masalah aborsi, keputusan boleh-tidaknya menyumbangkan organ-organ tubuh manusia, atau pun perkembangan teknologi kedokteran yang memungkinkan hamil di luar “wadah normal” yakni rahim ibu.

Berbagai masalah etis-medik inilah yang akan dibahas dalam sebuah seminar setengah hari di Aula Gereja St. Theresia, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu 8 Oktober 2011 mendatang. Seminar bertajuk “Sehati dan Sepikir dalam Kasih Kristus di Dunia Medis” ini diselenggarakan dalam rangka Konferensi Nasional ke-3 Komunitas Medik Katolik Indonesia (KMKI).

Seminar untuk umum ini menurut rencana akan dibuka pukul 09.30 dengan paparan mengenai Sosialisasi Modul Pelayanan Kesehatan Dasar. “Siapa saja yang berminat mendengarkan berbagai masalah etis-medik dari perspektif iman kristiani, silakan hadir,” papar Dr.med. dr. Lukas Jusuf, Ketua Panitia Konas III KMKI.

Problem etis-medik

Pukul 09.45 akan diisi diskusi mengenai Kehamilan Bermasalah dan Penyelesaiannya oleh dr. Angela N. Abidin, MARS, SpMk.  Kemudian, dr. Liliana Kurniawan MSC, DTMH, MHA akan membahas topik Perkembangan Teknologi Medis Mutakhir tentang IVF, Stem Cell, Cloning.

Sebagai gong-nya, pakar etika kristiani khusus masalah-masalah etik-medik Romo Dr. CB Kusmaryanto SCJ dari Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta akan memperbincangkan perkembangan teknologi medis dalam kaitannya dengan martabat manusia.

Usai paparan, panitia menyediakan kesempatan untuk forum diskusi dan tanya jawab dengan para nara sumber.

Khalayak ramai yang berminat ingin mendengarkan paparan masalah-masalah etis-medik dari perspektif ajaran Gereja Katolik ini boleh hadir di forum seminar KMKI ini.

Caranya mudah. Silakan email ke konas_kmki2011@yahoo.com dengan subject: Pendaftaran Seminari Kesehatan KMKI.

Bisa juga diakses melalui SMS ke  08158307194 dengan mengirim pesan sebagai berikut: DAFTAR KONAS/NAMA LENGKAP/ EMAIL/HP.

Biaya kontribusi sebesar Rp 50.000,00 dan bisa dikirim ke BCA Norek  2270125983 a/n drg. Ratnawati. Bukti pengiriman bisa dikirim melalui SMS dengan menyertakan nama peserta ke nomor  0818198715 atau 0816 1161121.

Informasi detil mengenai apa itu KMKI dan seminar ini, bisa diakses melalui Sekretariat Panitia Kongres Nasional ke-3 Komunitas Medik Katolik Indonesia di    Jl. Janur Hijau Raya TK 2 no 15, Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara 14240 dengan nomor telepon (021) 451-5601, faksimili (021) 451-6343.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here