Pemuda Katolik Sukseskan Muskomda II Papua Barat

0
120 views
Aksi donor darah Donor darah Pemuda Katolik Manokwari. (Agustinus Lebang)

GEBRAKAN itu terjadi. Panitia Pelaksana Musyawarah Daerah II Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah Papua Barat Tahun 2018 melakukan Aksi Bakti Sosial. Ini terjadi daam rangkaian kegiatan menjelang hajatan besar Pemuda Katolik yaitu Musyawarah Komisariat Daerah II Papua Barat pada tanggal 22-25 November 2018.

Aksi nyata donor darah ini merupakan salah satu kegiatan yang melibatkan partisipasi umat dan masyarakat guna  membantu Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Papua Barat menyediakan stok darah.

“Kami menyambut baik kegiatan Pemuda Katolik (Panitia Muskomda II). Ini membantu penyediaan stok darah di PMI Provinsi Papua Barat,” ungkap dr. Christina,  Kepala Unit Donor Darah PMI  Papua Barat.

Berdasarkan data tim medis PMI tanggal 4 November 2018 diperoleh 17 kantong dan 11 November berjumlah 27 kantong darah.

“Masyarakat Manokwari sebenarnya sudah paham bahwa dengan mendonorkan darah maka kita telah menolong orang lain, dan untuk kesehatan diri sendiri (pendonor) akan lebih baik karena pendonor akan terhindar dari penyakit kanker, jantung, kolesterol, dan menjadi bagian dari pengecekan kesehatan secara rutin,” demikian dr. Christina.

Secara alami tubuh pendonor akan menghasilkan/memproduksi sel-sel darah merah yang baru dan itu sangat baik untuk  kesehatan.

Ia mengimbau, kegiatan donor darah bisa dilaksanankan secara teratur setiap tiga  bulan sekali atau minimal 75 hari. Ia berharap banyak ormas atau pribadi mendonorkan darah sehingga ketersediaan darah dapat terpenuhi.

Aksi donor darah ini berlangsung di Aula Vincensius, Paroki St. Agustinus, dan di halaman Gereja Imanuel Sanggeng – Manokwari. Ini juga  melibatkan umat Katolik, masyarakat umum, dan tentu saja juga Pemuda Katolik.

Aksi donor darah dalam rangka kegiatan baksos Pemuda Katolik Manokwari yang mengikutsertakan masyarakat umum.
Melawan takut terhadap jarum suntik.

Kegiatan bakti sosial  ini adalah wujud kerjasama antara Panitia Pelaksana Muskomda II dan Pengurus Caretaker Pemuda Katolik Komisariat Daerah Papua Barat. Ini mencerminkan sikap tri prasetya Pemuda Katolik: tetap berjuang bagi kepentingan Gereja dan negara, selalu mengutamakan persatuan, kekeluargaan dan toleransi.

Selain donor darah,  panitia juga akan melaksanakan pengobatan massal tanggal 18 November 2018 di Kampung Sidey Jaya, tepatnya di Kompleks Stasi Yakobus Rasul SP 9 (Paroki Gembala Baik) Masni, Manokwari, Papua Barat.

Pemuda Katolik, Pemuda Indonesia.

Kredit foto: Agustinus Lebang – Sie Pubdekdok/Muskomda II

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here