In Memoriam Permadi SH

0
50 views
In memoriam Permadi SH (1940-2024) by Kapan Lagi.

KABAR duka. Telah meninggal dunia dengan tenang: Permadi SH.

Ia meninggal dunia hari Rabu tanggal 12 Juni 2024 pukul 07.00 WIB di kediaman almarhum di Jl. Pengadegan Barat 41, Pancoran, Jakarta Selatan. Jenazahnya dimakamkan di San Diego Hills.

Almarhum Pak Permadi SH adalah seorang politikus senior. Ia kelahiran Semarang, Jawa Tengah, 14 Mei 1940. Juga dikenal luas sebagai sosok tokoh paranormal nasional. Almarhum sangat menyukai dan senantiasa mengenakan pakaian berwarna hitam ini dan selalu terlihat menenteng tas kecil yang diapit di tangannya.

Almarhum Pak Permadi menjadi anggota MPR-RI, anggota DPR Komisi I 2004-2009. Ia pernah bergabung di PDIP dan Gerindra; terakhir sebagai anggota Dewan Kehormatan DPP Partai Gerindra.

Almarhum Permadi SH hadir memberi semangat kepada dua tersangka: Benny Sumardi dan adiknya Sandyawan Sumardi. (Dok. Sandyawan Sumardi)

Soekarnois

Bapak Permadi sering menyebut diri sebagai Soekarnois sejati: “Penjamboeng Lidah Boeng Karno”.

Tak hanya menjadi politikus, Permadi juga sebagai salah satu pendiri Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) tahun 1973. Ia tercatat pernah menjabat sebagai Ketua YLKI periode tahun 1979-1982.

Sandyawan Sumardi bersama almarhum Permadi SH. (Dok. Sandyawan)

Konsisten membela warga tertindas

Terimakasih Bapak Permadi. Bapak adalah salah satu tokoh nasional selain KH Abdurrahman Wahid, Romo Mangunwijaya Pr, Ibu Gedong Bagoes Oka, Ibu SK Trimurti, serta Romo FX Danuwinata, SJ – pribadi-pribadi yang secara konsisten dan berani membela warga tertindas dan terpinggirkan yang kami dampingi pada masa Orde Baru menjelang Masa Reformasi 1998.

Almarhum Bapak Permadi antara lain eberapa kali hadir mendukung kami, ketika saya dan kakak kandung Benny Sumardi berkali-kali menjalani sesi sidang di Pengadilan Negeri Bekasi dalam sidang Perkara Suaka Kemanusiaan 1997. Terjadi sebagai efek dari praktik pengkambinghitaman dalam Peristiwa Kekerasan Politik 27 Juli 1996.

Selamat jalan Bapak Permadi, semoga damai di keabadian surgawi. Semoga seluruh keluarga yang berduka senantiasa mendapatkan penghiburan dari Allah Mahakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here