Lentera Keluarga – Inilah Ibumu

0
146 views

Tahun A-2. Minggu. PW Santa Perawan Maria, Bunda Gereja

Senin, 1 Juni 2020.  

Bacaan: Kej 3:9-15:20; Mzm 87:1-2.3.5.6-7; Yoh 19:25-34.

Renungan: 

KITAB Kejadian mengisahkan bahwa dosa membawa Adam dan Hawa jatuh, masuk dalam konfrontasi dan menerima konsekwensi dari dosa. Perubahan itu tidak berasal dari Allah yang berubah sikapnya, tetapi perubahan sikap Adam dan Hawa di hadapan Allah dan dihadapan satu sama lain. 

Yang unik di sini adalah permusuhan itu terjadi bukan antara Adam-Hawa dengan Ular tetapi Hawa dan keturuannya dengan ular dan keturunannya. Dan pertempuran itu, “keturunannya” dalam bahasa Inggris diterjemahkan  he (dia lai-laki) akan meremukan kepala ular dan ular akan mematuk tumitnya. 

Kejadian 1400 SM itu dapat kita renungkan bersama dengan Injil hari ini: Maria berada di kaki Yesus yang dipaku di kayu salib. Maria adalah Hawa baru dan Yesus adalah keturunannya yang meremukkan kepala setan. Maria adalah figur wanita yang kokoh dalam iman, tidak jatuh ke dalam godaan dan pribadi yang beriman pertama kalinya kepada Yesus sejak dalam kandungan.  Ia adalah teladan kemuridan: melahirkan, mendidik, membesarkan dan mengikuti Yesus selama hidupNya. Yesus menyerahkannya kepada  kita untuk menjadi “Ibu kita” untuk merawat dan mendampingi hidup kita terutama dalam iman dan panggilan. 

Kontemplasi:

Bacalah Kitab Kejadian dan kemudian bacaan Injil ini dengan melihat kaitannya.

Refleksi:

Apa peran Maria dalam hidupku?

Doa:

Ya Bapa, Engkau menganugerahkan Hawa baru yang setia dan taat  serta melahirkan Penyelamat yang mampu meremukkan kepala setan. 

Perutusan:

Renungkanlah arti kata Tuhan kepada anda ‘Inilah Ibumu” 

(Morist MSF)

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here