Pelita Hati: 15.02.2021 – Tak Diberi Tanda

0
851 views

Bacaan: Kejadian 4:1-15.25, Markus 8:11-13

Lalu muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari sorga. Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: “Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda.” Ia meninggalkan mereka; Ia naik pula ke perahu dan bertolak ke seberang.

Sahabat Pelita Hati,

UNTUK kesekian kalinya orang-orang Farisi bersoal jawab dengan Tuhan tentang banyak hal. Kali ini mereka minta kepada Tuhan agar memberi tanda  dari sorga. Tuhan tak menanggapi dan tak memberi tanda yang mereka minta. Setidaknya ada dua (2) alasan:

Pertama, Tuhan tak akan pernah membuat tanda heran atau melakukan mujizat demi pembuktian bahwa diri-Nya bahwa memiliki kemampuan lebih.  Mujizat-Nya selalu dikerjakan untuk menanggapi permohonan orang karena iman. 

Kedua, Orang-orang Farisi sejak semula tidak percaya bahwa Yesus adalah Mesias dan karya pengajaran-Nya berasal dari Allah, karena mereka minta tanda dan bukti. Dengan kata lain, mereka ingin mencobai Tuhan. Sebagaimana kita ketahui, Tuhan tidak pernah melakukan mujizat demi pembuktian. Tuhan juga tidak pernah melakukan mujizat bagi orang-orang yang percaya, seperti para Farisi dan orang-orwng Nazareth. Tuhan hanya berkenan kepada orang-orang yang beriman dan percaya serta dengan rendah hati menyandarkan harapan kepada Tuhan.

Sahabat terkasih,

Semoga kita dapat menjauh dari sikap para Farisi yang sombong dan congkak hati agar karya agung-Nya selalu dikerjakan untuk kita. Mari kita syukuri hari ini karena Tuhan telah memberikan tanda kasih-Nya kepada kita, yakni anugerah kehidupan yang kita terima. Semoga kita bisa memanfaatkan hidup kita di hari ini dengan beragam aktivitas yang bermakna dan berdayaguna bagi sesama.

Pagi-pagi sarapan roti,
dan secsngkir teh bunga melati.
Jangan sombong congkak hati,
hiduplah dengan rendah hati

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here