Puncta 04.08.18. Matius 14: 1-12: Pengampunan adalah Obat

1
692 views
Mengampuni.

HERODES menganggap Yesus adalah pengejawantahan Yohanes Pembaptis yang telah dibunuhnya. Karena Yohanes telah mengkritik Herodes yang mengambil Herodias, istri saudaranya. Dendam kesumat menghinggapi mereka.

Dendam itu tinggal menunggu saatnya yang tepat. Di saat pesta ulang tahun Herodes, diadakan perayaan yang luar biasa. Hingga Herodes lupa diri. Dendam menumpang lewat lupa diri, akibatnya sangat tragis. Yohanes jadi kurbannya.

Dendam yang tak terkendali bisa menggilas apa pun dan menghancurkan seperti tzunami yang dasyat. Dendam membawa budaya kematian. Pengampunan adalah obat dari penyakit dendam. Hanya dengan mengampuni maka hati kita dibebaskan dari beban dendam yang membelenggu.

Pengampunan adalah budaya kehidupan. St. Yohanes Maria Vianey yang kita rayakan hari ini berkata, “Allah yang baik memberikan kepada kita kebebasan untuk memilih hidup atau mati; jika kita memilih mati, kita akan dicampakkan ke dalam api, dan kita akan dibakar untuk selamanya bersama setan”.

Selamat merenungkan. Salam Obor Asian Games. Kita satu Indonesia. Berkah Dalem.

1 COMMENT

  1. Aku ingin belajar dan membiasakan diri untuk mengampuni sesamaku yang sengaja atau tidak sengaja telah melukaiku baik lahir maupun batin karena dendam kesumat yang dipelihara dalam diri akan menjadi sumber penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here